Rabu, 22 Mei 2019 08:09 WIB

Istri Pesepakbola Iker Casillas Idap Kanker Ovarium, Kenali Gejalanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Istri Iker Casillas, Sara Carbonero dikabarkan tengah berjuang melawan kanker ovarium. Foto: Dok. Getty Images, Instagram Istri Iker Casillas, Sara Carbonero dikabarkan tengah berjuang melawan kanker ovarium. Foto: Dok. Getty Images, Instagram
Jakarta - Tiga pekan setelah terkena serangan jantung, mantan kiper Real Madrid Iker Casillas kembali diterpa kabar tak sedap. Sang istri, Sara Carbonero mengumumkan dirinya tengah berjuang melawan kanker ovarium.

"Saat kami belum pulih dari satu kejutan, hidup telah memberi kami kejutan lagi," kata Sara di media sosial, dikutip dari Mirror.

"Kali ini, diriku, enam huruf yang aku masih sulit menuliskannya," lanjutnya, menyiratkan dirinya terkena KANKER.

Sara mengisahkan, tumor ganas di ovarium tersebut ditemukan saat dirinya menjalani check up. Kini tumor tersebut sudah dioperasi.

"Segalanya telah baik-baik saja dan untungnya kami menemukannya tepat waktu tapi aku masih butuh beberapa bulan berjuang sementara aku menjalani treatment," lanjut Sara.


Dikutip dari Mayo Clinic, kanker ovarium adalah kanker yang berasal dari indung telur atau ovarium. Jenis kanker ini kadang tidak terdeteksi hingga menyebar ke panggul dan perut, ketika kondisinya sudah sulit ditangani.

Beberapa gejala yang menyertai kanker ovarium antara lain:

- Perut kembung dan bengkak
- Cepat kenyang saat makan
- Berat badan turun
- Rasa tidak nyaman di area panggul
- Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
- Lebih sering buang air kecil

Ketika terdeteksi lebih awal, kanker ini umumnya bisa diterapi dengan baik. Operasi dan kemoterapi umum dipakai untuk menangani jenis kanker ini.

(up/ask)