Rabu, 22 Mei 2019 18:25 WIB

Menua Lebih Cepat, Remaja Ini Alami Menopause di Usia 15 Tahun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilutrasi remaja perempuan yang mengalami menopause dini. Foto: iStock Ilutrasi remaja perempuan yang mengalami menopause dini. Foto: iStock
Jakarta - Biasanya umur-umur remaja wanita dikejutkan dengan masa-masa pubertas seperti menstruasi. Namun, pada Annabelle (15) yang mengejutkan baginya adalah datangnya menopause lebih cepat.

Annabelle merasa sangat frustasi dengan kondisinya itu. Ia tidak berpikir bahwa ia akan berdamai dengan diagnosis itu secepat pada usianya yang masih belia.

"Ini benar-benar membuat aku frustasi, karena di dalam diri sedang berpikir, 'kenapa aku?'. Dan kamu benar-benar hanya ingin tahu mengapa itu terjadi," ujarnya kepada BBC.

Rata-rata menopause terjadi pada wanita berusia 52 tahun. Namun menopause dini juga bisa terjadi pada wanita di bawah 40 tahun. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, menopause dini terjadi pada sekitar lima persen wanita.


Kondisi ini dikaitkan dengan kebiasaan merokok atau konsumsi obat-obatan jenis tertentu yang dapat memicu menopause dini. Meskipun dalam kasus Annabelle, dokter belum mengetahui penyebab pastinya.

Orang tuanya pun merasa hancur dan sulit membayangkan bagaimana anaknya melewati kondisinya itu.

"Kami berdua menangis," ungkap sang ibu.

Meskipun begitu, Annabelle tetap menghargai dirinya sendiri dengan menganggapnya beruntung. Ia selalu mengedepankan pikiran yang positif dan berpikir bahwa ada seseorang yang mengalami hal lebih buruk dari dirinya.

"Dan untuk berpikir bahwa ada seseorang yang mengalami sesuatu yang lebih buruk dariku, itu membuatmu merasa lebih beruntung daripada apa pun," tutupnya.

(wdw/up)
News Feed