Kamis, 23 Mei 2019 01:05 WIB

Ramadhan Bikin Rentan Insomnia, 6 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jaga kebutuhan tidur kamu selama bulan Ramadhan. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Jaga kebutuhan tidur kamu selama bulan Ramadhan. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Tidur merupakan bagian penting dalam kesehatan mental dan fisik seseorang. Saat bulan Ramadhan, dengan perubahan pola dan waktu tidur bisa membuat kita rentan insomnia atau sulit tidur karena pola tidur yang berantakan.

Kurang tidur saat bulan Ramadhan diketahui bisa berisiko membahayakan kesehatan. Misalnya dengan risiko menyebabkan kecemasan, depresi, stres, kekhawatiran, sulit berpikir, sulit mengendalikan stres dan juga diabetes maupun serangan jantung.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi padamu dan kesehatanmu tetap terjaga, ikuti 6 cara ini agar tidurmu malam ini nyenyak:


1. Jaga jam tidur tetap sama
Pada bulan puasa, jam tidur rentan berantakan karena harus bangun sahur pada dini hari. Namun mengusahakn untuk tetap berangkat tidur dan bangun (usai sahur) pada jam yang sama tiap harinya akan membantu tubuhmu tidur lebih baik. Pilihlah waktu di mana kamu kira-kira sudah merasa mengantuk.

2. Kurangi kafein
Teh manis sering jadi minuman wajib baik saat berbuka maupun sahur. Walaupun tak setinggi kopi, teh juga memiliki kandungan kafein, dan kafein bisa membuat kita terjaga, mengganggu proses tidur. Kamu bisa menggantinya dengan meminum segelas susu hangat atau air putih sebelum tidur.

3. Tidak merokok
Jika kamu adalah perokok, mungkin memang sulit untuk menahan tidak merokok selama berpuasa Ramadhan, namun merokok memiliki dampak buruk bagi tidur. Para perokok lebih sulit tidur, kerap terbangun, dan rentan memiliki gangguan tidur. Kalau kamu belum bisa berhenti total, lebih baik hindari merokok sebelum tidur.



4. Rutin berolahraga
Olahraga usai berbuka secara rutin, misalnya olahraga sedang seperti berenang dan berjalan cepat, dapat meredakan ketegangan yang bisa muncul keesokan harinya. Namun jangan lakukan olahraga berat sebelum tidur karena bisa membuatmu terjaga dan malah terlewat sahur.

5. Jangan berlebihan makan
Saat berbuka puasa atau makan malam kita kerap kali 'lapar mata' karena telah menahan rasa lapar dan haus cukup lama. Hindari makan yang berlebihan terutama menjelang tidur karena bisa merusak pola tidur.

6. Jangan tidur dalam keadaan khawatir
Jika kamu mengalami kesulitan tidur, jangan biarkan hingga kamu merasa khawatir. Bangun dan lakukan sesuatu yang membuatmu rileks sampai kamu merasa ngantuk, lalu kembali tidur lagi.

(frp/up)