Jumat, 24 Mei 2019 10:35 WIB

Viral Abang Ojol-Penumpang 'Kembar', Ini Penjelasan Orang yang Mirip

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Video viral driver ojol mirip customer. Foto: Foto: Twitter @hati2dimedsos Video viral driver ojol mirip customer. Foto: Foto: Twitter @hati2dimedsos
Jakarta - Viral video abang ojek online dan penumpang yang kembar. Awal mulanya, pria ini memesan ojek online motor akan tetapi yang jadi lucu dan membuat ia tidak bisa menahan tawa, wajah mereka terlihat sama. Bahkan kumis yang mereka miliki serupa.

"Parah sih mirip banget, suara-suaranya mirip," kata salah seorang netizen.


Fenomena ini dikenal dengan 'doppelganger' di mana seseorang bisa mirip tanpa terikat biologis. Hal ini memungkinkan kok menurut ilmu sains. Dikutip dari Global News, Michael Sheehan, asisten profesor neurobiologi dan perilaku di Universitas Cornell menyimpulkan dalam sebuah penelitian baru-baru ini bahwa wajah kita telah berevolusi karena pentingnya individualitas bagi spesies kita.

"Manusia benar-benar sangat beragam, tetapi kamu tidak melihatnya pada spesies lain," kata Sheehan.

Nah, lantas apa yang membuat seseorang bisa sangat mirip dengan orang lain? Ini mungkin merupakan pilihan dari gen kita sendiri. "Ini seperti Rubik's Cube -- kamu bisa mendapatkan banyak variasi. (Namun) ada semacam permainan angka untuk itu," jelasnya.

Faktanya, kita tidak begitu beragam secara genetik. Jadi pada akhirnya, itu akan bergabung secara acak dan 'membentuk' kamu seperti sekarang. Tapi itu tidak berarti 'kembaran' kamu itu adalah duplikat yang persis sama dengan kamu. Dia mungkin memiliki senyum yang sama, mata warna yang sama, tetapi ketika lebih dekat kamu pasti akan menemukan sesuatu yang tidak sama di antara kamu dan dia.

Akan tetapi bisa jadi itu karena persepsi. Teman-teman kamu mungkin melihat beberapa fitur serupa yang menonjol pada 'kembaran' kamu dan menyamakannya ke kamu.


Btw, kamu udah ketemu satu dari tujuh kembaran kamu di dunia belum? (ask/up)