Jumat, 24 Mei 2019 18:02 WIB

Studi Temukan Wanita Bisa Lebih Produktif Bila Suhu Tidak Terlalu Dingin

Firdaus Anwar - detikHealth
Bekerja dengan temperatur ideal bikin lebih produktif (Foto: Thinkstock) Bekerja dengan temperatur ideal bikin lebih produktif (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Menurut studi pekerja wanita memang cenderung lebih sering komplain di kantor soal suhu Air Conditioner (AC) yang terlalu dingin. Alasannya karena memang kebanyakan lingkungan kantor disesuaikan dengan metabolisme rata-rata pekerja pria.

Terkait hal tersebut penelitian terbaru yang dipublikasi di jurnal PLOS One menemukan bahwa suhu ruangan kantor bisa mempengaruhi produktivitas terutama untuk wanita. Suhu ruangan yang tidak terlalu dingin disebut dapat membuat wanita jadi lebih produktif.

Hal ini diketahui setelah pemimpin studi Tom Chang dari University of Southern California melakukan eksperimen pada 543 partisipan mahasiswa. Setiap partisipan diminta melakukan tes matematika, verbal, dan kemampuan kognitif di ruangan dengan suhu berbeda mulai dari 16,19 derajat celsius hingga 32,57 derajat celsius.



Hasilnya peneliti menemukan bahwa pada wanita setiap kenaikan satu derajat celcius berkaitan dengan peningkatan kemampuan menjawab tes dengan benar hingga 1,76 persen. Sementara pada pria sebaliknya yaitu ada penurunan kemampuan 0,63 persen, namun hal ini disebut peneliti tidak signifikan secara statistik.

"Sudah didokumentasikan bahwa wanita menyukai suhu dalam ruangan yang lebih hangat daripada pria. Tapi ide itu sampai sekarang sering disebut hanya masalah preferensi pribadi," kata Tom seperti dikutip dari CNN, Jumat (24/5/2019).

"Apa yang kami temukan adalah lebih dari sekadar kamu bisa nyaman atau tidak, tapi pada hal-hal yang berpengaruh pada performa pekerjaan. Mulai dari matematika, dimensi verbal, dan seberapa keras kamu bekerja semua dapat dipengaruhi temperatur," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya