Jumat, 24 Mei 2019 19:34 WIB

Demi Ayahnya yang Sedang Kritis, Wanita Ini Kerja Keras Cari Donor Hati

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi liver, organ yang bisa didonorkan. Foto: thinkstock Ilustrasi liver, organ yang bisa didonorkan. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang wanita bernama Leslie Tan Zheng Yu mengunggah tulisan di Facebook yang mencari donor liver. Dalam unggahan tersebut, ayah Leslie yang bernama Eddie Tan Beng Leong dikatakan dalam kondisi kritis.

Sayang unggahan hanya menyebutkan Eddie dalam tahap akhir penyakit tanpa menjelaskan kondisinya lebih detail. Unggahan bertanggal (22/5/2019) tersebut bernada emosional yang menggambarkan kesedihan Leslie.

"Liver ayahku tidak berfungsi seperti seharusnya. Ada sekitar 10 liter air yang terperangkap dalam tubuhnya. Dia tidak bisa makan, minum, tidur, dan mengalami rasa sakit tanpa akhir," tulis Leslie dikutip dari World Of Buzz.


Dalam foto yang diunggah Leslie, perut Eddie memang terlihat besar, buncit, dan tidak normal. Kondisi ini mungkin diakibatkan air yang tak bisa keluar dari tubuhnya. Menurut Leslie, kondisi ayahnya terus memburuk hingga dokter memperkirakan sisa hidup Eddie hanya sekitar 1 minggu.

Demi menemukan donor, Leslie telah membuat Facebook page bernama Appeal For Liver Donor for Eddie Tan Beng Leong. Leslie awalnya berniat menjadi donor, namun golongan darahnya yang A+ tidak sesuai dengan ayahnya yang O+.

Donor liver bukan berarti memberikan seluruh organ kepada yang membutuhkan. Dokter biasanya hanya mengambil sebagian kecil organ, selanjutnya sel tumbuh sendiri dalam tubuh resipien. Donor biasanya akan pulih dalam waktu sekitar 2 bulan.

Syarat menjadi donor liver, seperti yang ditulis Leslie adalah sehat secara medis, berusia 21-55 tahun, memiliki golongan darah O+, dan memiliki berat badan 70-95 kilogram.

(up/up)
News Feed