Sabtu, 25 Mei 2019 13:16 WIB

Bagaimana Cara Pilih Obat Maag yang Tepat?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Obat maag adalah salah satu solusi cepat untuk mengatasi asam lambung yang sudah terlanjur meningkat dan menyebabkan ketidaknyamanan karena maag kambuh. Tapi dari sekian banyak jenis dan bentuk obat maag, obat seperti apa yang cocok untuk diminum?

Menurut Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, obat maag yang tepat untuk dikonsumsi harus sudah terbukti lama sehingga efektif dan aman.

"Obat maag juga harus mengandung Hydrotalcite sebagai golongan antasida untuk pertolongan pertama karena bekerja cepat menetralisir asam lambung tanpa harus diabsorbsi di usus," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Sabtu (25/5/2019).


dr. Helmin mengatakan selain sebagai antasida yang menetralisir asam, Hydrotalcite juga membantu meningkatkan produksi mucus untuk melapisi lambung sehingga asam tidak langsung mengiritasi lambung. Masa kerjanya juga lebih lama dibanding antasida lainnya.

Salah satu obat maag yang mengandung Hydrotalcite adalah Promag. Kandungan Hydrotalcite membantu membentuk lapisan dinding lambung sehingga bisa mengurangi nyeri karena iritasi asam lambung.


Selain Hydrotalcite, Promag juga mengandung bahan aktif antasida lainnya seperti magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa sakit maag pun bisa reda dengan cepat.

Bagaimana Cara Pilih Obat Maag yang Tepat?
(mul/mpr)