Minggu, 26 Mei 2019 10:10 WIB

Ibu Hamil Mau Mudik Wajib Bikin Surat Pernyataan, Seperti Ini Contohnya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Surat pernyataan ibu hamil untuk mudik (Foto: Rosmha/detikHealth) Surat pernyataan ibu hamil untuk mudik (Foto: Rosmha/detikHealth)
Jakarta - Ibu hamil (bumil) yang hendak mudik wajib membawa surat pernyataan. Aturan ini berlaku bagi bumil yang memilih kereta api dan pesawat terbang sebagai moda transportasi saat mudik.

"Aturan ini sebetulnya sudah berlaku sejak 2016. Jadinya aturan di kereta sama seperti pesawat, tentunya demi keselamatan ibu hamil," ujar Kepala Tim Paramedis Pos Kesehatan Stasiun Gambir, Agi Maya, pada detikHealth, Minggu (26/5/2019).



Agi menjelaskan, surat pernyataan berlaku bagi usia kehamilan kurang dari 3 bulan atau lebih dari 7 bulan. Bila tidak ada surat pernyataan dari pos kesehatan, bumil wajib membawa surat keterangan dari dokter terkait.

Surat ini diwajibkan bagi usia kehamilan kurang dari 3 bulan dan lebih dari 7 bulan.Surat ini diwajibkan bagi usia kehamilan kurang dari 3 bulan dan lebih dari 7 bulan. Foto: Rosmha/detikHealth


Adanya surat pernyataan mengantisipasi risiko bumil selama dalam perjalanan, akibat penanganan medis yang minim. Risiko tersebut adalah keguguran akibat goncangan dalam perjalanan pada usia kehamilan muda, atau persalinan dini bagi bumil di trimester akhir.

Menurut Agi, surat tersebut akan diminta pada saat check in menjelang keberangkatan. Bumil yang belum punya surat tersebut dari dokter atau instansi kesehatan terkait, akan diarahkan ke pos kesehatan terlebih dulu.

Menkes Nila F Moeloek meninjau persiapan mudik di Stasiun Gambir bersama Menhub.Menkes Nila F Moeloek meninjau persiapan mudik di Stasiun Gambir bersama Menhub. Foto: Muhammad Fida/detikcom





Ibu Hamil Mau Mudik Wajib Bikin Surat Pernyataan, Seperti Ini Contohnya
(up/up)
News Feed