Minggu, 26 Mei 2019 15:20 WIB

Kena Diabetes Gara-gara Sering Keramas, Mungkinkah?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kandungan kimia tertentu bisa mengganggu keseimbangan hormon (Foto: Thinkstock) Kandungan kimia tertentu bisa mengganggu keseimbangan hormon (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pola makan yang buruk dan kurang olahraga adalah faktor risiko utama diabetes tipe 2 yang sudah banyak orang tahu. Mungkin tak terbayang bahwa keramas juga berhubungan dengan risiko penyakit kencing manis tersebut.

Adalah phthalates, kandungan kimia dalam sampo yang dipakai untuk keramas, yang belakangan banyak dikairkan dengan berbagai masalah kesehatan. Senyawa yang sama juga ditemukan dalam plastik dan mainan anak.

Sebuah penelitian di University of Novi Sad di Serbia menyebut orang-orang yang memiliki phthalates dengan kadar tinggi dalam darahnya punya risiko lebih besar untuk mengalami obesitas dan diabetes. Mereka bahkan juga lebih rentan mengalami kerusakan hati dan gangguan metabolisme.



Namun para pakar memberi catatan bahwa sampel yang dipakai dalam penelitian ini terbilang sangat kecil. Butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan untuk menghasilkan kesimpulan yang lebih kuat.

"Tidak memberikan informasi yang cukup untuk mendukung kesimpulan," kritik Prof Rob Chilcott, ahli toksikologi dari University of Hertfordshire, dikutip dari Dailymail.

Phthalates merupakan bahan tambahan yang dipakai dalam produksi plastik. Selain itu, ditemukan juga dalam berbagai barang-barang sehari-hari air kemasan dan parfum. Sejak lama, senyawa ini dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kesuburan.




Simak Juga 'Inilah Olahraga yang Aman untuk Pasien Diabetes':

[Gambas:Video 20detik]

Kena Diabetes Gara-gara Sering Keramas, Mungkinkah?
(up/up)
News Feed