Senin, 27 Mei 2019 11:40 WIB

Dinkes DKI Jakarta Siagakan 85 Ambulans Jelang Mudik Lebaran

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Perjalanan jauh saat mudik tentu sangat melelahkan (Foto: dikhy sasra) Perjalanan jauh saat mudik tentu sangat melelahkan (Foto: dikhy sasra)
Jakarta - Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, menuturkan kesehatan memegang peranan penting agar mudik bisa berjalan lancar dan aman. Bukan cuma kendaraan yang harus disiapkan, tetapi mempersiapkan diri agar tetap sehat di jalan juga sama pentingnya.

Sebagai bagian dari kesiagaan mudik lebaran, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah mempersiapkan ambulans gawat darurat yang disebarkan di beberapa titik yang paling banyak dilalui oleh para pemudik.

"Masyarakat yang mudik ini kita coba agar mereka tetap sehat, terutama pengemudi dan termasuk penumpang. Oleh karena itu kita punya pos-pos kesehatan di daerah pulang mudik ini. Di DKI Jakarta ada 85 ambulans mobil dan ada juga motor," kata Menkes kepada detikHealth, Senin (27/5/2019).



Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyawati, mengatakan sekitar 60 ambulans gawat darurat akan beredar di lapangan dan 20 sisanya standby di kantor dinas kesehatan sebagai cadangan.

"60 tadi tersebar di 5 titik kota dan ditempat strategis. Sehingga kalau ada kejadian yang tidak diinginkan dan membutuhkan evakuasi cepat, ambulans bisa disegerakan," ujar Kadinkes.

Titik persebaran ambulans antara lain di daerah Kampung Rambutan, Kali Deres, Pulo gerbang, dan di daerah Jakarta Timur.

"Ada beberapa terminal tambahan yang harus kita backup juga karena disana terjadi arus mudik yang cukup lumayan. Kita juga siapkan di titik tempat wisata. Ada di 4 stasiun dan pelabuhan," pungkasnya.





Simak Juga 'Sopir Ambulans, Ladang Amal Penuh Risiko':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)