Senin, 27 Mei 2019 15:15 WIB

Cuti Bersama Idul Fitri Diumumkan, Ini Manfaat Libur Panjang bagi Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Libur panjang punya efek positif dan negatif bagi kesehatan jiwa (Foto: Hasan Alhabshy) Libur panjang punya efek positif dan negatif bagi kesehatan jiwa (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Pemerintah telah mengumumkan cuti bersama menjelang perayaan Idul Fitri pada 3,4, dan 7 Juni 2019. Bagi Aparat Sipil Negara total ada 11 hari libur selama Lebaran.

Seperti yang diketahui umum, libur panjang punya dampak positif bagi mereka yang sehari-hari sibuk dengan beragam aktivitas. Relaksasi dan melepas kangen juga dirasakan mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman melalui tradisi mudik.



Namun, libur panjang ternyata juga punya dampak negatif. Dikutip dari situs University of New Mexico (UNM) libur panjang ternyata berisiko menimbulkan stres seperti kegiatan sehari-hari.

Stres berasal dari tekanan untuk menyusun rencana liburan dengan baik, efektif, dan mewujudkannya saat hari H. Stres juga berasal dari biaya liburan yang terus meningkat, dana yang sepertinya tidak pernah cukup, dan banyaknya saudara atau teman yang harus diberi oleh-oleh.

Efek stres saat libur panjang tentunya bisa diantisipasi sejak dini. Upaya tersebut adalah dengan tidak berharap semua rencana menjadi kenyataan. Rencana yang lebih bersifat tradisi atau sekadar basa-basi mungkin tak perlu menjadi prioritas rencana liburan.

Masa istirahat yang panjang sebaiknya digunakan untuk aktivitas yang menyenangkan bersama orang-orang terdekat. Saat kembali masuk kerja nantinya, diharapkan fisik dan mental sudah kembali bugar. Selamat liburan!




Tonton video Siaga Lebaran, Tim SAR Kendari Terjunkan Ratusan Personel:

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed