Selasa, 28 Mei 2019 05:38 WIB

Dari Gusi ke Gigi, Sudah Benarkah Cara Menyikat Gigimu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menyikat gigi yang benar agar gigi tidak menjadi sensitif. Foto: iStock Menyikat gigi yang benar agar gigi tidak menjadi sensitif. Foto: iStock
Jakarta - Salah satu permasalahan pada gigi yang kerap dirasakan adalah gigi sensitif. Mau minum yang dingin-dingin saja gigi sudah terasa ngilu duluan. Nggak enak banget deh!

Ternyata salah satu penyebab gigi menjadi sensitif adalah cara menyikat gigi yang tidak benar. Dokter spesialis konservasi gigi dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, drg Tara Pratitha, SpKG mengatakan, penyikatan gigi yang tidak benar dan terlalu kencang menyebabkan resesi atau gusi turun ke bawah permukaan gigi.

"Kalau gerakan yang bisa bikin resesi atau gusi turun biasanya gerakannya nyamping horizontal atau atas bawah kekencengan, karena itu nggak bisa dikontrol kan," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.



Lantas, bagaimana cara menyikat gigi yang benar? drg Tara menyebutkan bahwa gerakannya satu arah dari gusi ke gigi. Pada bagian depan gigi atas, gerakannya satu arah ke bawah, sementara pada bagian gigi bawah gerakannya ke atas secara satu arah.

Pada bagian gigi belakang bisa dilakukan gerakan memutar dengan lembut dan tidak terlalu kencang. Serta sangat penting untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.

"Intinya dari merah ke putih atau dari gusi ke gigi. Jadi kemungkinan untuk mengiritasi gusi jadi kecil," tandasnya.



Nah, cara menyikat gigimu sudah benar belum nih? Kalau berbeda dari penjelasan drg Tara, yuk ubah kebiasaan menyikat gigi agar kesehatan gigi tetap terjaga. (wdw/kna)
News Feed