Selasa, 28 Mei 2019 11:05 WIB

Tetap Awet Muda Jelang Lebaran dengan 8 Makanan Sehat Berikut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Awet muda menjelang lebaran. Foto: Getty Images Awet muda menjelang lebaran. Foto: Getty Images
Jakarta - Tak terasa Lebaran akan datang sebentar lagi, saatnya berkumpul bersama keluarga. Tentu kita tidak bisa menghindari banyaknya pertanyaan dan ungkapan yang datang dari beberapa saudara.

Pasti rasanya akan lebih menyenangkan bila ada ucapan "Kok terlihat awet muda?" saat berkumpul. Daripada mengandalkan kosmetik, lebih sehat tampak awet muda dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini baik pada saat sahur maupun berbuka, seperti dirangkum dari Mind Body Green:



1. Kaldu tulang
Salah satu tanda penuaan adalah keriput, yang muncul dan terbentuk saat kulit memecah. Untuk 'menghapusnya' maka kulit kita perlu tambahan kolagen. Mungkin terdengar akan lebih mudah menggunakan produk perawatan kulit atau riasan, namun kolagen akan sulit terserap dengan baik oleh kulit. Menggunakan kaldu asli yang dibuat dari tulang, baik tulang ayam, sapi, ikan, akan bekerja lebih baik dalam mengantarkan kolagen langsung ke kulit ketimbang kosmetik-kosmetik tersebut.

2. Makanan kaya omega-3
Sel-sel kulit yang menua itu mirip seperti bola yang nyaris kempes. Asam lemak omega-3 akan bekerja layaknya pemompa bagi sel-sel tersebut agar terlihat makin kenyal. Makanan kaya omega-3 terdapat pada ikan-ikan berlemak seperti tuna atau salmon, dan juga kacang-kacangan seperti walnut. Meminum suplemen penambah omega-3 berkualitas tinggi juga tak ada salahnya.

3. Asam amino
Asam amino merupakan blok pembangun kolagen dan elastin yang sangat vital untuk kesehatan kulit. Sayangnya asam amino tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Mengonsumsi asam amino bisa membantu kulit terlihat kencang dan juga elastis, namun kekurangan asam amino bisa membuatnya menipis dan kering. Daging dan telur merupakan sumber asam amino terbaik.


4. Makanan kaya potasium
Makanan kaya potasium akan menarik air ke sel-sel wajah dan membuatnya semakin kencang. Kulit juga memerlukan hidrasi agar tidak kering dan membuatnya rentan berkeriput. Buah dan sayuran, kacang, daging merah, daging ayam dan ikan bisa menjadi pilihan makanan berbuka atau sahurmu agar kulit terasa semakin lembab dan kenyal.

5. Makanan fermentasi
Pencernaan yang sehat berarti kulit yang makin bersinar dan bebas keriput. Hal ini disebabkan oleh bakteri usus yang baik membantu tubuh tersuplai nutrisi yang dibutuhkan kulit dengan baik. Bakteri yang jahat bisa membuat racun terlepas dan mengakibatkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk kulit, dan menjadikan kulit terlihat tua dan mudah memar. Mengonsumsi makanan terfermentasi seperti kimchi, yogurt dan kefir bisa membantu kesehatan pencernaanmu.

6. Sayuran hijau dan kuning
Sayuran umumnya kaya akan antioksidan yang bisa membantu mencegah stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Tidaklah mengejutkan bahwa studi pada wanita Jepang yang mengonsumsi banyak sayur berwarna hijau dan kuning bersamaan dengan konsumsi lemak yang sehat dapat mengurangi keriput.

7. Teh hijau
Seperti sayuran, teh hijau juga kaya akan antioksidan. Bukan rahasia lagi bahwa teh hijau terkenal akan fungsinya sebagai anti penuaan dan bisa membuat awet muda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau bisa melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari, penyebab utama munculnya keriput. Kamu bisa mengganti teh manis saat berbuka dengan teh hijau.

8. Phytoceramide
Phytoceramides adalah unsur alami kulit dan membantu kulit tetap terhidrasi. Unsur ini ditemukan dalam buah bit dan bayam, yang bisa membantu memulihkan kulit yang kering, kasar dan rentan berkeriput, seperti diungkapkan dalam beberapa riset. Mengonsumsi makanan-makanan ini dengan rutin dan akan terlihat hasilnya dalam beberapa bulan.




Simak Juga 'Menggemuk Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed