Selasa, 28 Mei 2019 14:15 WIB

Alasan BKKBN Bikin Konten Kontroversial 'Istri yang Hebat' Lalu Menghapusnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Nofrijal menyebut konten niatnya dibuat untuk menjelaskan salah satu fungsi keluarga. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth) Nofrijal menyebut konten niatnya dibuat untuk menjelaskan salah satu fungsi keluarga. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta - Unggahan infografis tentang kriteria 'Istri yang Hebat' di media sosial menuai kritikan netizen. Alasannya karena konten tersebut dianggap terlalu menonjolkan dominasi dan kepentingan suami dalam keluarga.

Dalam konten berjudul 'Dibalik Suami Sukses Ada Istri Yang Hebat' disebutkan bahwa seorang istri harus taat kepada Allah SWT, mampu menjaga aib rahasia suami, tidak mudah marah pada suami, bisa menyenangkan hati suami, dan menerima dan menghargai suami. Di dalamnya tampak juga logo dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).


Menanggapi hal tersebut Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal mengkonfirmasi bahwa memang benar konten adalah hasil karya tim kreatif. Niat awalnya konten dibuat untuk menjelaskan salah satu dari delapan fungsi keluarga.

"Memang harapan kita membangun keluarga yang dengan delapan fungsi: ada agama, ada cinta kasih, ada perlindungan, ada budaya," kata Nofrijal saat ditemui di kantor BKKBN Pusat, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Selasa (28/5/2019).

Setelah konten ramai di media sosial Nofrijal mengatakan BKKBN sudah melakukan koordinasi dan memutuskan untuk menghapusnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penolakan dari beberapa pihak.

"Tapi memang belum bisa kita harmonisasi dengan para netizen. Terutama pada kelompok-kelompok, para pejuang perempuan," kata Nofrijal.

"Kita evaluasi di lintas pimpinan dan tim kreatif medsos. Memang kita harus hati-hati memposting hal-hal yang mungkin agak sensitif meskipun sebetulnya tidak ada yang ekstrem juga," pungkasnya.

(fds/up)