Rabu, 29 Mei 2019 03:13 WIB

Overdosis Teh Akar Manis, Pria Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi overdosis teh akar manis. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi overdosis teh akar manis. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Seorang pria di Kanada harus dilarikan ke rumah sakit karena tensi darahnya meningkat drastis hingga tingkat berbahaya. Penyebabnya menurut laporan di jurnal Canadian Medical Association karena ia overdosis teh akar manis (Glycyrrhiza glabra).

Kepada dokter dari McGill University sang pria bercerita bahwa ia sudah dua minggu mengonsumsi teh akar manis setiap hari, dua kali sehari. Teh akar manis ini merupakan hidangan populer di Mesir bernama erk sous.

Setelah berhari-hari mengonsumsi teh akar manis sang pria mulai merasa sakit kepala, sensitif terhadap cahaya, nyeri dada, dan bengkak di paha. Pemeriksaan menunjukkan tensi sistoliknya mencapai 200 mmHg, melebihi batas aman yaitu 180 mmHg.



Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) akar manis sebetulnya beracun bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Kandungan glycyrrhizin pada akar manis dapat menurunkan tingkat potasium dalam tubuh berujung pada tekanan darah tinggi dan gangguan detak jantung.

Pada kasus sang pria dokter memberinya obat-obatan penurun tekanan darah dan ia diperbolehkan pulang 24 jam kemudian.

Sang pria mengaku sebetulnya tahu kalau akar manis bisa beracun, namun ia tidak menyangka kalau sudah termasuk mengonsumsi dalam jumlah besar.

(fds/up)
News Feed