Rabu, 29 Mei 2019 07:15 WIB

Ingat! Begini Cara Mencegah Gigi Sensitif dengan Benar

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi gigi sensitif. Foto: Thinkstock Ilustrasi gigi sensitif. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ngilu saat minum es atau saat makan asam, tanda-tanda gigi sensitif. Gigi sensitif terjadi karena lapisan terluar gigi atau email terbuka karena beberapa faktor.

Untuk mencegah ngilu berlebih, dokter spesialis konservasi gigi dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, drg Tara Pratitha, SpKG memberikan tipsnya. Ia menyarankan untuk memerhatikan penggunaan sikat dan pasta gigi.

"Kalau sikat gigi harus berbulu halus dan harus diganti setiap tiga bulan, karena kalau akarnya jeber (mekar -red) lagi dia kan juga bikin tambah gusinya makin turun makin sensitif lagi. Terus pasta giginya untuk gigi anti sensitif," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.


Pasta gigi anti sensitif biasanya mengandung potasium nitrat yang berfungis untuk mencegah reseptor masuk ke dalam gigi bagian dalam atau pulpa yang berisi saraf dan pembuluh darah sehingga bisa mengurangi ngilu berlebih.

Selain itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mencari tahu akar masalah dari gigi sensitif tersebut. Dan yang tidak kalah penting lagi, drg Tara menganjurkan untuk mengurangi makanan atau minuman yang bisa memicu gigi menjadi sensitif.

"Sebenarnya gigi sensitif itu perawatannya harus menghindari pencetus si gigi sensitif, misal kalau minum dingin itu ngilu mending dikurangi atau minum air biasa saja," anjurnya.




(wdw/up)