Rabu, 29 Mei 2019 09:10 WIB

Efektifkah Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif Mengurangi Ngilu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pasta gigi sensitif, efektifkah? Foto: Thinkstock Pasta gigi sensitif, efektifkah? Foto: Thinkstock
Jakarta - Minum air dingin sedikit saja bisa-bisa membuat gigi ngilu bukan kepalang. Kondisi seperti itu sudah jelas adalah gigi sensitif. Biasanya untuk mencegah ngilu datang lagi karena beberapa makanan dan minuman pencetus dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif. Efektifkah sebenarnya?

Menurut dokter spesialis konservasi gigi dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, drg Tara Pratitha, SpKG, pasta gigi anti sensitif seperti itu cukup efektif untuk mengurangi ngilu atau nyeri pada gigi.

"Biasanya ada zat potasium nitrat itu biasanya terkandung dalam pasta gigi. Itu bisa mengurangi sensitif pada gigi," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.


Potasium nitrat, tambah drg Tara, berfungsi untuk melindungi gigi dari stimulasi yang menyebabkan saraf pada gigi terasa ngilu atau nyeri, bisanya stimulasi ini adalah minuman dingin, makanan asam dan manis.

Selain itu, drg Tara menyarankan untuk datang melakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mengetahui lebih jelas penyebab gigi sensitif tersebut, apakah sensitif karena adanya penyakit atau tidak.

"Mungkin dilakukan aplikasi floride untuk memperkuat si gigi," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed