Rabu, 29 Mei 2019 15:24 WIB

Saat Mudik, Bisakah Pakai BPJS Kesehatan di Kampung Halaman?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
BPJS Kesehatan bisa dipakai oleh peserta JKN meski mudik. (Foto: detik) BPJS Kesehatan bisa dipakai oleh peserta JKN meski mudik. (Foto: detik)
Jakarta - Meski tidak ada yang menginginkan, sakit ketika sedang pulang kampung bisa saja terjadi. Lalu ketika sakit, bisakah yang sedang mudik menggunakan layanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan di kampung halamannya meski mereka tidak terdaftar di fasilitas kesehatan daerah tersebut?

"Jadi siapapun yang punya JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) bisa digunakan di mana saja. Khususnya ketika keadaan emergency," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bambang Wibowo, saat dijumpai di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Bambang mengatakan hal tersebut menjadi kemuhadahan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dan sudah berjalan selama kurang lebih 2 tahun.



Senada dengan hal tersebut, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma'ruf, menuturkan akan memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS meski saat peserta mudik ke luar kota.

"Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut," kata Iqbal kepada detikcom melalui pesan tertulis.

Selanjutnya, Iqbal menambahkan layanan kesehatan bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed