Kamis, 30 Mei 2019 17:09 WIB

Jatuh dari Flying Fox, Wanita Ini Alami Patah Tulang Punggung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Gara-gara jatuh dari ketinggian 6 meter, seorang wanita mengalami cedera tulang belakang (Foto: iStock) Gara-gara jatuh dari ketinggian 6 meter, seorang wanita mengalami cedera tulang belakang (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang wanita yang tidak disebutkan identitasnya dilarikan ke rumah sakit akibat patah tulang punggung. Dikutip dari Mirror, dia sedang mencoba wahana zip line yang seperti flying fox di festival Ploegendienst, Netherlands pada Sabtu waktu setempat.

Sayangnya instruktur yang bertanggung jawab pada operasional wahana melakukan kesalahan (human error). Akibatnya wanita tersebut jatuh dari ketinggian 6 meter dan segera dibawa ke rumah sakit. Belum diketahui kondisi wanita tersebut saat ini.

Wahana zip line seharunya menggunakan 2 carabiner, yaitu alat yang digunakan untuk mengaitkan tali pada olahraga panjat tebing. Carabiner memungkinkan tubuh masih tetap tergantung saat salah satunya lepas. Namun dalam video yang diunggah Mirror, korban hanya menggunakan 1 carabiner yang tiba-tiba terlepas dari tambang.

"Dalam video terlihat jelas ada human error yang sangat kami sesalkan. Instruktur yang bekerja semuanya berpengalaman, sehingga seharusnya kesalahan ini tidak terjadi. Kami tidak tahu bagaimana korban hanya menggunakan 1 carabiner," kata juru bicara Outdoor Westvoorne penyedia wahana zip line Jeroen de Boed.



Selain patah tulang punggung, korban juga mengalami retak tulang kaki dan tangan. Korban rencanana akan menjalani operasi pada Kamis waktu setempat.

Menurut polisi setempat, kasus tersebut telah dialihkan pada Dutch Food and Consumer Product Safety Authority (NVWA). Lembaga tersebut akan memeriksa lebih lanjut dan memastikan adanya pelanggaran aturan, serta sanksi yang harus diberikan jika menyalahi ketentuan.

(up/up)
News Feed