Kamis, 30 Mei 2019 20:13 WIB

Kebelet Pipis Saat Mudik, Berapa Lama Durasi Boleh Tahan Kencing?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menahan pipis di tengah kemacetan jalur mudik tentu sangat menyiksa (Foto: Wisma Putra) Menahan pipis di tengah kemacetan jalur mudik tentu sangat menyiksa (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Saat mudik, menghadapi kemacetan tentu tak terhindarkan. Padahal sudah dari tadi ingin buang air kecil. Wah kombinasi keduanya nampaknya bisa dianggap sebagai masalah besar!

Mau mampir, eh nggak ada rest area. Kalau berhenti sebentar, nanti macetnya makin panjang. Hasilnya banyak yang menahan pipis.

Menahan pipis tentu tidak dianjurkan. Tetapi ada kalanya kondisi ini tidak terhindarkan. Jadi, adakah batas maksimal durasi boleh tahan kencing?



"Durasi menahan kencing orang berbeda-beda. Jadi kapasitas kantong kemih kita 400-500 cc itu udah penuh. Sudah mulai ada sensasi kencing itu di 200 cc. Kalau mulai ada sensasi, jangan nunggu sampai kebelet banget," sebut ahli urologi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Wempy Supit, SpU, kepada detikHealth melalui pesan singkat, Kamis (30/5/2019).

Dalam kesempatan yang berbeda, ahli urologi dari RS Mayapada. dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, mengatakan kalau menahan pipis tidak boleh lebih dari waktu yang dianjurkan.

"Sebaiknya menahan pipis 30 menit sampai 1 jam itu sudah maksimal," kata dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, dokter urologi dari RS Mayapada.

Meski demikian, menahan pipis tidak boleh dilakukan sering-sering. Sebab bisa mengganggu konsentrasi apalagi ketika mengemudi. Selain itu bisa menimbulkan dampak jangka panjang di kemudian hari.

(kna/up)
News Feed