Jumat, 31 Mei 2019 04:02 WIB

Atasi Mabuk Mudik dengan Tempel Koyo di Pusar, Efektifkah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Waspadai mabuk perjalanan (Foto: Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta - Saat dalam perjalanan jauh seperti saat mudik, tidak jarang melewati jalanan berliku-liku, atau saat melalui jalur laut biasanya yang ditakutkan adalah mabuk perjalanan.

Mengantisipasi mabuk saat dalam perjalanan jauh banyak caranya, mulai dari minum obat anti-mabuk sampai menempelkan koyo di pusar. Siapa yang pernah melakukan ini waktu saat kecil?

Sayangnya, Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, dr Felix Samuel, MKes mengatakan bahwa menempelkan koyo pada pusar tidak berpengaruh apapun untuk mengatasi mabuk perjalanan.

"Tidak, nggak ada hubungannya sama sekali, kasihan apalagi ditempel koyo atau tancoplas," ujarnya saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.



Menurut dr Felix, mabuk perjalanan disebabkan karena adanya gangguan pada pusat keseimbangan di pusat otak dan di tiga perifer, yaitu mata, telinga, serta otot dan sendi.

Agar tidak mabuk perjalanan, dr Felix menyarankan untuk mengalihkan fokus, misal dengan mendengarkan musik atau mengobrol. Selain itu tidak dianjurkan sebelum bepergian untuk makan makanan yang terlalu pedas dan berminyak.

"Jangan main hape di dalam kendaraan nanti bikin mabuk," tegasnya.

(wdw/up)