Jumat, 31 Mei 2019 19:20 WIB

Kanker Parunya Menyebar, Sutopo BNPB Ibaratkan Seperti Erupsi Gunung Agung

Rosmha Widiyani - detikHealth
Unggahan Twitter Sutopo PN. (Foto: Repro Twitter Sutopo) Unggahan Twitter Sutopo PN. (Foto: Repro Twitter Sutopo)
Jakarta - Kabar kurang menyenangkan datang dari Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Dalam unggahan Twitternya, Sutopo menjelaskan hasil pemeriksaan PET Scan sel kanker.

"Hasil PET Scan mengabarkan kanker makin menyebar laksana erupsi hujan abu Gunung Agung. Mohon doanya selalu. Tetap semangat," ujar Sutopo pada Jumat (31/5/2019).

Dalam unggahan tersebut, Sutopo juga menjelaskan kondisi terkininya menjelang perayaan Idul Fitri 1440 H. Kesibukan tahun ini berbeda dengan tahun lalu saat dirinya belum terdiagnosa kanker paru.

"Saya sibuk bolak-balik rumah sakit. Tidak mudik seperti tahun lalu," kata Sutopo PN yang juga mengunggah foto sedang menjalani perawatan di rumah sakit.



Positron Emission Tomography (PET) Scan adalah pemeriksaan untuk mengetahui yang terjadi pada suatu jaringan atau organ di dalam tubuh. Alat PET Scan memancarkan sinar radiasi yang menunjukkan aktivitas sekecil apapun dalam tubuh manusia hingga pada tingkat sel. Keunggulan ini memungkinan PET Scan digunakan untuk mengetahui kondisi sel kanker terkini.

Sutopo PN adalah penyintas kanker paru stadium IV B yang menginspirasi banyak orang. Kemauan Sutopo terus mengabdi mengabarkan bencana sambil terus menjalani pengobatan mengundang kagum banyak orang. Termasuk Presiden Joko Widodo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

(Rosmha Widiyani/up)