Jumat, 31 Mei 2019 20:28 WIB

11 Manfaat Madu Saat Puasa

Fithria Pratiwi - detikHealth
11 Manfaat Madu Saat Puasa /Foto: Istock 11 Manfaat Madu Saat Puasa /Foto: Istock
Jakarta - Selama berpuasa mengonsumsi madu menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena madu memiliki manfaat yang membuat tubuhmu selalu sehat. Apa saja itu?

Madu merupakan minuman alami yang dipercaya dapat menyehatkan. Terdapat banyak nutrisi di dalamnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Selama berpuasa, kamu harus menjaga asupan nutrisi agar badan tetap fit sepanjang waktu. Mengonsumsi madu dapat memberikan manfaat pada tubuh untuk menjalankan puasa dengan tetap sehat. Apa saja manfaat jika mengonsumsi madu pada saat berpuasa? Ini dia penjelasannya.



1. Melembapkan Wajah

Banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai bahan utama karena dapat melembapkan wajah. Di bulan Ramadhan ini kamu dapat menggunakan madu untuk mengatasi wajah kering saat berpuasa. Gunakan masker madu agar membuat wajahmu lebih lembap. Selain itu, madu juga dapat membantu mengatasi jerawat karena kandungan antiseptik dan anti bakteri yang dimilikinya.

2. Melembapkan Bibir

Selain melembapkan wajah, madu juga dapat melembapkan bibir. Kamu dapat menggunakan madu agar dapat memberikan kelembapan dan mencegah bibir pecah-pecah.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Madu dapat kamu gunakan untuk menjaga sistem pencernaan. Kamu dapat menggunakan larutan madu yang dicampur air hangat saat berbuka untuk membantu mempermudah penyerapan nutrisi dalam makanan. Dengan mengonsumsinya dapat membuat sistem pencernaan dan metabolisme akan menjadi lebih lancar.

4. Menurunkan Gula Darah

Tahukah kamu madu hitam? Madu hitam sangat baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes. Kandungan yang dimiliki madu hitam dipercaya mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Madu hitam diketahui lebih sedikit memiliki kandungan gula dibandingkan madu biasa. Kamu dapat menggunakan madu hitam sebagai pengganti pemanis.

5. Memberikan Energi Tambahan

Manfaat madu selanjutnya yaitu dapat memberikan energi tambahan. Madu memiliki kandungan gula alami seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini akan memberikan tambahan energi yang bertahan lama seharian.

Saat sahur, konsumsilah madu secara langsung atau dicampur dengan air terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar dapat membantu memberikan energi tambahan selama menjalani puasa seharian.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi madu dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Madu mengandung zat yang dapat mengurangi gejala alergi, serta mencegah flu dan batuk.

Dengan mengonsumsi madu di bulan puasa dapat menjaga tubuh tetap sehat. Kamu dapat mengonsumsi 1 hingga 2 madu alami saat sahur.



7. Melindungi Lambung

Biasanya, asam lambung akan meningkat cukup banyak pada saat berpuasa. Dengan meningkatnya asam lambung tersebut, kamu akan sering mengalami maag yang menyiksa selama berpuasa.

Untuk mencegah naiknya asam lambung, kamu dapat mengonsumsi madu. Minum 1 sendok madu akan dapat membantu menjaga perut tetap nyaman sepanjang siang, serta mencegah maag muncul.

8. Menurunkan Kadar Trigliserida

Berbuka puasa sering membuat kita sulit untuk mengontrol makanan. Segala jenis makanan yang berlemak seperti santan dan gorengan menjadi menu favorit untuk buka puasa. Dengan mengonsumsinya dapat membuat penumpukan trigliserida yang berbahaya untuk kesehatan.

Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan dari makanan seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega. Ketika trigliserida melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh, maka akan membuat peningkatan kadar trigliserida di dalam darah. Trigliserida ini dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah yang dapat berisiko terjadi serangan jantung dan stroke.

Untuk menjaga gangguan tersebut, kamu dapat mengonsumsi madu saat sahur. Madu dipercaya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

9. Membuat Tidur Nyenyak

Meminum madu dapat meningkatkan hormon relaksasi yang membuat suasana hati yang baik dan membuat kamu tidur lebih pulas. Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Tidur kamu akan lebih berkualitas walau singkat selama berpuasa.

10. Membersihkan Racun Dalam Tubuh

Madu merupakan antioksidan yang dapat membunuh racun di dalam tubuh. Kamu dapat mengonsumsinya secara teratur dengan air hangat yang dicampurkan sedikit perasan lemon.

11. Menahan Agar Tidak Lapar

Manfaat madu yang terakhir yaitu dapat menahan lapar ketika berpuasa. Mengonsumsi madu satu sendok makan setara dengan 17 gram karbohidrat. Kandungan tersebut akan diolah menjadi kalori yang akan memberikan rasa kenyang.

Dengan banyaknya manfaat madu, sudah saatnya kamu mencoba merutinkan mengonsumsi madu selama satu bulan berpuasa. Tidak hanya selama berpuasa, kamu juga harus rutin mengonsumsi madu setiap hari agar manjaga tubuh tetap sehat. Yuk mulai rutinkan mengonsumsi madu!

(nwy/up)
News Feed