Minggu, 02 Jun 2019 14:05 WIB

Gara-gara Makan Siput Mentah, Turis di Hawaii Terinfeksi Parasit Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi makan siput mentah. Foto: iStock Ilustrasi makan siput mentah. Foto: iStock
Jakarta - Jangan iseng makan hal yang tidak dijamin kebersihannya karena bisa jadi itu membuat kamu sakit. Seperti yang terjadi pada seorang turis di Hawaii setelah pada Desember 2018 lalu ditantang nekat menelan siput hidup-hidup.

Tanpa disadari oleh sang turis ia terinfeksi dengan larva cacing parasit Angiostrongylus cantonensis atau cacing parasit tikus dari siput yang ia telan. Larva cacing tersebut sebetulnya hidup berkembang di tikus namun kadang bisa juga menginfeksi manusia di mana cacing akan tumbuh dan bisa berakhir di otak menyebabkan komplikasi.

Menurut Dinas Kesehatan Hawaii penyakit angiostrongyliasis karena infeksi Angiostrongylus cantonensis dapat menimbulkan gejala sakit kepala parah, leher kaku, demam ringan, kesemutan atau nyeri dan muntah. Selain itu bisa juga muncul meningitis langka bernama eosinophilic meningitis.



"Pada kasus yang serius pasien bisa mengalami masalah neurologis, nyeri parah dan cacat jangka panjang," kata Dinkes Hawaii seperti dikutip pada Minggu (2/6/2019).

"Penting bagi kami untuk memastikan pengunjung mengetahui tindakan pencegahan yang harus diambil untuk mencegah penyakit infeksi oleh cacing paru tikus yang dapat memiliki efek jangka panjang yang parah," kata Direktur Kesehatan Bruce Anderson.

Selain sang turis disebut sebelumnya ada juga dua orang lain yang terinfeksi Angiostrongylus cantonensis. Menurut investigasi sementara diketahui dua orang lainnya terinfeksi setelah makan sayur salad rumahan dan buah tanpa dicuci terlebih dahulu.

(fds/up)