Senin, 03 Jun 2019 04:04 WIB

12 Makanan Berprotein Tinggi yang Dibutuhkan Selama Puasa

Fithria Pratiwi - detikHealth
12 Makanan Berprotein Tinggi yang Diperhatikan Selama Puasa/Foto: iStock 12 Makanan Berprotein Tinggi yang Diperhatikan Selama Puasa/Foto: iStock
Jakarta - Protein menjadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa makanan berprotein tinggi untuk kamu konsumsi selama puasa. Apa saja itu?

Protein berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel-sel. Hal ini membantu pembentukan dan pergantian sel-sel tubuh yang sedang tumbuh atau memperbaiki sel-sel rusak karena sakit. Protein juga berperan dalam pembentukan otot, kulit, dan hormon.



Zat gizi protein tersedia dalam dua jenis asal sumber makanannya, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah jenis protein yang berasal dari hewan, sementara protein nabati merupakan jenis protein berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Apa saja makanan yang mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan harian kamu? Berikut penjelasannya:

1. Telur

Satu telur utuh mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Protein terbanyak terdapat pada bagian putih telur.

Satu telur utuh ini tidak saja mengandung protein yang tinggi. Terdapat kandungan vitamin, mineral, lemak baik, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata serta nutrisi untuk otak.

2. Almon

Dalam 1 ons almon mengandung 6 gram protein dengan 161 kalori. Sama dengan telur, almon tidak saja kaya dengan protein tetapi juga mengandung serat, vitamin E, mangan, dan magnesium.

3. Susu

Susu merupakan sumber protein cukup besar yang dapat kamu konsumsi. Susu yang dihasilkan dari hewani memiliki kandungan protein yang lebih besar. Selain kandungan protein, susu juga mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

4. Yoghurt

Yoghurt juga dapat menjadi pilihan makanan berprotein tinggi. Pilihlah yoghurt yang tanpa lemak, karena dalam satu cup kecil yoghurt tanpa lemak mengandung 17 gram protein.



5. Aprikot Kering

Aprikot kering memiliki kandungan lebih tinggi protein dari aprikot segar. Protein di dalam 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram, sementara di aprikot segar hanya mengandung 2,8 gram.

6. Jambu

Buah jambu dapat kamu konsumsi untuk mencukupi protein harianmu. Dalam satu buah jambu mengandung 112 kalori dan 2,6 gram protein. Selain protein, buah jambu juga mengandung vitamin c, likopen dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

7. Keju

Keju memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dalam 1 ons keju mengandung 8 gram protein. Jangan terlalu banyak mengonsumsi keju, karena keju memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

8. Udang

Dalam 1 ons udang mentah mengandung 24 gram protein dan 99 kalori. Udang juga mengandung serat, nutrisi, serta lemak omega-3. Tidak saja udang yang memiliki kandungan protein tinggi, makanan laut lainnya juga merupakan sumber protein yang baik.

9. Dada Ayam

Jika kamu mampu memasak dada ayam dengan benar, kamu dapat memilihnya untuk makanan yang mengandung protein tinggi. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit yaitu sebesar 53 gram dan 284 kalori.

10. Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak memiliki protein yang tinggi. Dalam 85 ons daging sapi dengan sedikit lemak mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

11. Tahu

Bagi para vegan, kamu dapat menggunakan tahu sebagai sumber protein untuk mencukupi kebutuhan harian. Dalam 100 gram tahu mengandung sekitar 8 gram protein.

12. Oats

Oats merupakan makanan favorit yang digunakan untuk orang yang sedang menjalani diet. Hal ini dikarenakan oats memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Di dalam setengah cangkir oats mengandung 13 gram protein. Selain protein, oats juga mengandung serat, magnesium, vitamin B1, dan beberapa zat gizi lainnya.

Itulah beberapa makanan berprotein tinggi dan sehat untuk tubuh selama puasa. Kamu dapat memilih diantara 12 makanan di atas untuk memenuhi kebutuhan protein harianmu. Tetap mengonsumsi makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh ya.

Selamat mencoba!

(nwy/up)
News Feed