Selasa, 04 Jun 2019 19:30 WIB

Begini Cara Mencegah Suara Serak Ketika Ikut Takbiran Semalaman

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi malam Takbir. Foto: Lamhot Aritonang Ilustrasi malam Takbir. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Alhamdulillah, Hari Raya Idul Fitri datang. Takbir pun berkumandang. Ada banyak orang dari berbagai daerah yang bersemangat untuk ikutan mengumandangkan nama yang Maha Agung.

Kamu salah satu yang antusias ikut takbiran? Tapi jangan sampai suara kamu habis ya meski ikut takbiran semalaman. Begini trik dan persiapan untuk takbiran seru tapi tenggorokan tetap aman seperti dirangkum oleh detikHealth.

1. Jangan lupa minum air putih

Minum air putih sangatlah wajib untuk menjaga tubuh agar dapat terhidrasi dengan baik. Selain mampu melancarkan saluran pencernaan, air putih mampu menjaga kestabilan suara. Say no untuk suara serak!

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan mulailah berbicara dengan tidak mengeluarkan suara berlebihan. Ketika sudah merasakan sakit tenggorokan istirahatkan suara dan jangan berbicara ketika mulai serak karena hanya akan memperparah kondisi pita suara.


3. Jangan 'sebat'

Jika kamu terbiasa merokok ketika mencari inspirasi atau sekedar melepas stres, mending nggak usah deh. Selain mengganggu kesehatan, merokok (disebut juga 'sebat' dalam istilah kekinian) dapat meningkatkan risiko kanker tenggorokan secara luar biasa. Bahkan untuk perokok pasif pun, menghirup asap rokok dapat mengiritasi pita suara.

4. Keluarkan suara dengan rileks

Usahakan gunakan teknik yang tepat. Pastikan kondisi leher rileks, tidak memaksakan suara atau teriak karena hal ini bisa membuat suara akan habis.

(ask/up)
News Feed