Rabu, 05 Jun 2019 20:05 WIB

Plester Khusus 'Penambal' Jantung Segera Bisa Dipakai Manusia

Firdaus Anwar - detikHealth
Plester jantung ini akan segera menjalani uji klinis. (Foto: BBC) Plester jantung ini akan segera menjalani uji klinis. (Foto: BBC)
Jakarta - Plester yang umumnya kita tahu digunakan untuk menutup luka ringan di permukaan kulit, mencegah terjadinya infeksi. Namun tahukah kamu kalau ada juga plester khusus yang baru-baru ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain misal 'menambal' jantung.

Sekelompok peneliti dari Inggris pada pertemuan di British Cardiovascular Society menjelaskan bahwa plester jantung tersebut akan segera menjalani uji klinis dalam periode dua tahun ke depan.

Menurut salah satu peneliti Richard Jabbour plester terbuat dari jutaan sel punca hidup yang diambil dari pasien sendiri. Oleh sebab itu ketika ditanam langsung ke jantung plester bisa berubah menjadi otot-otot jantung baru, memperbaiki kerusakan.


"Artinya suatu hari, kami berharap dapat memakai plester jantung sebagai terapi yang bisa ditawarkan oleh dokter pada pasien setelah serangan jantung," kata Richard seperti dikutip dari BBC, Rabu (5/6/2019).

"Kami dapat meresepkan salah satu plester ini bersama obat-obatan untuk seseorang pasien gagal jantung, tinggal diambil dari rak dan ditanam langsung ke seseorang," lanjutnya.

Percobaan sebelumnya pada kelinci menunjukkan plester aman digunakan.

Dalam praktiknya peneliti melihat kalau plester juga efektif melepas senyawa kimia yang bisa membantu memperbaiki sel jantung.

(fds/up)
News Feed