Jumat, 07 Jun 2019 12:23 WIB

Horeee! 425 Hari di RS, Bocah 5 Tahun Berhasil Kalahkan Kanker

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi seorang bocah terbebas dari kanker setelah 425 hari di rumah sakit. Foto: Thinkstock Ilustrasi seorang bocah terbebas dari kanker setelah 425 hari di rumah sakit. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak ada yang lebih bahagia melebihi bahagianya Slater Bushman, seorang bocah berusia lima tahun yang didiagnosis neuroblastoma stadium empat, suatu kanker langka yang menyerang sel saraf imatur anak-anak.

Dikutip dari Fox 13, setelah menghabiskan 425 hari di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif, Slater akhirnya terbebas dari kanker itu setelah berjuang mengalahkannya.

Para staf medis di St. Jude Children's Research Hospital di Memphis menyampaikan kabar gembira pada Slater dan keluarganya bisa kembali ke Florida Selatan setelah penantian yang cukup panjang.



"Ini saatnya kita katakan, rapikan tasmu, keluar dari pintu itu, kamu tidak mendapatkan kemo lagi!" kata salah satu staf medis.

Keluarganya pun berterimakasih pada seluruh staf medis di rumah sakit tersebut karena telah membantu menyelamatkan putra kecilnya. Ini merupakan keajaiban yang diberikan oleh Tuhan menurut keluarganya.

Dikutip dari Mayo Clinic, neuroblastoma paling umum menyerang anak-anak usia lima tahun atau lebih muda. Gejalanya tergantung pada bagian tubuh mana yang terpengaruh.



Neuroblastoma di perut:
- Sakit perut
- Massa di bawah kulit yang tidak empuk saat disentuh
- Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti diare atau sembelit

Neuroblastoma di dada:
- Desah
- Sakit dada
- Perubahan pada mata, termasuk kelopak mata yang terkulai dan ukuran pupil yang tidak merata

Tanda dan gejala lain yang mungkin mengindikasikan neuroblastoma:
- Benjolan jaringan di bawah kulit
- Bola mata yang tampaknya menonjol
- Lingkaran hitam, mirip dengan memar di sekitar mata
- Sakit punggung
- Demam
- Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
- Sakit tulang


Linda Gumelar dan Melly Goeslaw Bercerita Soal Kanker Payudara:

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/ask)