Jumat, 07 Jun 2019 20:30 WIB

Anak Sering Duduk dengan Posisi Ini? Jangan Dibiasakan Ya!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Posisi duduk W. Foto: Aisyah/detikHealth Posisi duduk 'W'. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Banyak anak-anak duduk dengan posisi kaki 'W' atau ditekuk ke belakang saat nonton TV. Akan tetapi para profesional medis meminta orang tua untuk membuat anak tidak lagi membiasakan duduk dengan posisi tersebut.

Menurut Pediatric Therapy Center, anak-anak yang duduk seperti ini setelah ulang tahun kedua mereka mungkin tidak mengembangkan kekuatan dan keseimbangan inti yang dibutuhkan bagi keterampilan motorik tertentu. Ini dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk melompat dan berlari, seperti dikutip dari Mirror UK.

Ahli osteopati yang bermarkas di London, Avni Trivedi, juga membahas mengenai keprihatinan tentang posisi itu, dengan mengatakan hal itu dapat menyebabkan banyak masalah dalam jangka panjang.


"Duduk terlalu lama umumnya dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada leher, bahu dan punggung atas," ujar Trivedi.

"Untuk anak-anak yang mungkin hiper mobile, duduk dalam posisi 'W' dapat meregangkan sendi dan dapat melemahkan batang-batang otot karena mereka tidak diharuskan untuk aktif."

Sebagai gantinya, orang tua harus mendorong anak-anak mereka untuk duduk bersila, duduk dengan kaki menyamping atau berselonjoran.

(ask/frp)