Sabtu, 08 Jun 2019 12:31 WIB

Ingin Menstruasi Cepat Selesai, 2 Wanita Nekat Gunakan Penghisap Debu

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi proses menstruasi pada wanita. Foto: iStock Ilustrasi proses menstruasi pada wanita. Foto: iStock
Jakarta - Dua wanita berusia 19 dan 23 tahun melakukan aksi nekat demi mempercepat proses menstruasi yang sedang berlangsung. Dikutip dari Mirror, keduanya menggunakan vacuum cleaner atau penghisap debu untuk secepatnya menyedot semua darah menstruasi yang akan keluar.

Cerita tentang 2 orang wanita ini diunggah seorang suster asal Seattle dalam media sosial. Suster tersebut berharap kasus ini menjadi yang terakhir karena menstruasi adalah proses alami.

"Ladies, tolong jangan gunakan vacuum cleaner untuk mempercepat proses menstruasi. Alat tersebut berisiko menyebabkan tubuh mengeluarkan darah lebih daripada yang seharusnya. Minggu ini sudah ada 2 kasus yang saya harap jangan bertambah," ujar suster yang tak disebutkan namanya tersebut.


Suster tersebut mengatakan tidak tahu merk vacuum cleaner yang digunakan 2 wanita tersebut. Namun apa pun merknya, alat sedot debu meningkatkan aliran darah hingga 1.000 kali. Tubuh tidak bisa mengantisipasi kehilangan terlalu banyak darah dalam 1 waktu yang mengakibatkan kedua wanita mengalami syok.

Sebagai proses alami, mestruasi berlangsung sesuai irama dan kemampuan tubuh. Dengan aliran darah yang bisa cepat atau lambat, tubuh berusaha tetap berfungsi baik meski harus kehilangan darah. Unggahan ini mendapat banyak perhatian hingga akhirnya diubah menjadi mode terbatas (private).


Senada dengan suster, pendiri Walk In GYN Care Dr Adeeti Gupta mengatakan vacuum cleaner untuk menyedot darah menstruasi adalah perbuatan yang tidak masuk akal. Hal ini berisiko mengakibatkan infeksi dan cedera pada vagina.

"Perdarahan saat menstruasi adalah proses yang aktif dan alami. Darah yang keluar bukan sudah terkumpul dalam rahim dan siap dikeluarkan kapan saja. Jangan sampai perpikir seperti itu," kata Dr Adeeti.

Dr Adeeti berharap tidak lagi melihat kasus serupa di kemudian hari. Wanita yang merasa terganggu dengan proses atau siklus menstruasinya harus segera ke dokter, bukan mengambil tindakan sendiri dengan menyedot darahnya menggunakan vacuum cleaner.

(wdw/wdw)
News Feed