Minggu, 09 Jun 2019 07:14 WIB

Masih Suasana Lebaran, Gimana Memaafkan Rekan Kerja Julid?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi rekan kerja setelah saling memaafkan usai libur Lebaran. Foto: Thinkstock Ilustrasi rekan kerja setelah saling memaafkan usai libur Lebaran. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi sebagian orang, Senin (10/6/2019) menjadi hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran. Setiap hari dipenuhi aktivitas padat seperti biasa.

Termasuk menghadapi rekan kerja yang julid alias judes lidah. Omongan pedas yang terlontar kadang meninggalkan bekas hingga sulit memberi atau minta maaf.

Menurut psikolog Veronica Adesla memaafkan rekan kerja yang julid sebetulnya bisa dilakukan. Tentunya dilandasi niat baik dan tulus lebih dulu.

"Kalau ada teman yang seperti ini ingat harus jaga hati tetap bersih. Mending doa aja dalam hati dan terus kerja yang rajin, tekun, dan gigih," kata Vero pada detikHealth.


Meski tak mudah, memaafkan lebih bermanfaat daripada terus menyimpan dendam. Selanjutnya bisa fokus pada mengejar target atau impian yang telah direncanakan.

Untuk mimpi, Vero menyarankan rancangan yang Specific Measurable Attainable Relevant Time (SMART). Artinya mimpi tersebut tidak abstrak dan bisa diraih dengan berusaha maksimal.

Bila perlu, foto atau gambar seputar mimpi tersebut bisa ditaruh di meja kantor. Dengan melihatnya setiap hari, diharapkan jadi lekas move on, memaafkan, dan fokus meraih mimpi yang SMART.

(wdw/wdw)
News Feed