Minggu, 09 Jun 2019 17:50 WIB

Viral Freckles Mirip di Pergelangan Tangan Wanita, Mitos atau Fakta?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Viral kemiripan bintik atau freckles di pergelangan beberapa kaum hawa di dunia. Foto: Screenshot Twitter Viral kemiripan bintik atau freckles di pergelangan beberapa kaum hawa di dunia. Foto: Screenshot Twitter
Jakarta - Dunia media sosial seakan tak henti mendapatkan hal-hal viral. Kini, jagat maya sedang dihebohkan dengan tren baru yang sedang hangat diperbincangkan oleh orang di seluruh dunia, khususnya para kaum hawa.

Pada 22 Mei lalu, akun Twitter @aarynwhitley mengunggah foto beberapa wanita dengan freckles atau bintik pada posisi yang nyaris sama di pergelangan tangan mereka, yakni di bagian tengah.

"Ladies... apakah kamu punya bintik di tengah pergelangan tanganmu ataukah ini mitos hahaha," cuitnya, seperti dikutip detikHealth pada Minggu (9/6/2019).

Cuitan tersebut direspon oleh ribuan orang, bahkan para wanita di seluruh dunia. Beberapa juga merespon dengan mengunggah foto pergelangan tangan mereka yang juga memiliki bintik di posisi yang yang sama.

"Benar-benar mengejutkan," cuit salah satu akun yang juga membagikan foto bintik di pergelangan tangannya.

Apakah hal ini mitos atau fakta? Seorang ahli dermatologis asal New York dan penulis buku Skin Rules, Debra Jaliman, MD, menyebutkan fenomena ini bukanlah sesuatu yang ajaib, seperti dikutip dari Health.com.


Menurut Dr Jaliman, pergelangan tangan merupakan area di mana orang tidak terpikirkan untuk mengenakan tabir surya. Bintik terjadi karena pigmentasi berlebihan di bawah kulit, walau kadang sering muncul saat lahir, bintik biasanya terbentuk atau mulai terlihat karena paparan sinar matahari selama beberapa tahun.

"Mungkin saja kamu sedang berada di pantai, kamu bisa menutupi area tersebut saat mengaplikasikan tabir surya di lenganmu. Namun jika kamu sedang mengenakan pakaian, tangan dan pergelangan tangan biasanya sering dilupakan," lanjutnya.

Ditambahkan oleh Rachel Nazarian, seorang dokter kulit asal New York lainnya dan anggota dari American Academy of Dermatology (FAAD), freckles atau bintik tidak mengkhawatirkan. Akan tetapi, dalam beberapa kasus juga bisa menjadi tanda awal dari kanker kulit apabila menunjukkan tanda-tanda tidak normal seperti perubahan bentuk dan warna.

Hingga kini masih diperdebatkan apakah fenomena ini memang lebih banyak terjadi pada wanita ketimbang pria. Apakah kamu juga punya bintik di pergelangan tanganmu, detikers?

(frp/ask)
News Feed