Senin, 10 Jun 2019 08:30 WIB

Usai Mudik, Jangan Malas Bersih-bersih Rumah Supaya Bebas Penyakit

Firdaus Anwar - detikHealth
Jangan malas bersih-bersih rumah usai lebaran. (Foto: Istock) Jangan malas bersih-bersih rumah usai lebaran. (Foto: Istock)
Jakarta - Di tengah momen mudik lebaran, mungkin tidak sedikit asisten rumah tangga yang libur dan kita sendiri juga sibuk sehingga kebersihan rumah terabaikan. Dampaknya sampah, kotoran, hingga debu bisa menumpuk.

Kondisi rumah kotor dengan sampah menumpuk akan mengundang binatang seperti tikus, lalat, dan nyamuk. Binatang-binatang tersebut bila kehadirannya tidak diperhatikan dengan serius dapat menyebarkan penyakit.

"Lalat jelas membawa berbagai penyakit infeksi usus baik yang hanya diare sampai yang berat seperti demam thypoid. Tikus merupakan vector yang penting untuk terjadi penyakit demam kuning atau leptospirosis," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, beberapa waktu lalu.


Genangan air di tempat seperti buangan air kulkas atau air conditioner (AC) dapat menjadi tempat favorit nyamuk Aedes aegypti bersarang, penyebar penyakit demam berdarah. Oleh karena itu jangan lupa untuk mengecek dan membersihkannya.

Juga jangan ketinggalan kebiasaan mencuci tangan. Terlebih usai bersih-bersih tempat kotor, kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah penyakit.

Beberapa penyakit yang harus diwaspadai menurut dr Ari pasca lebaran mulai dari infeksi usus, demam typhoid (masyarakat awam menyebutnya tipes), disentri, leptospirosis dan juga demam berdarah dengue atau DHF (Dengue Hemorrhagic Fever).

(fds/fds)