Senin, 10 Jun 2019 14:03 WIB

Daya Tahan Tubuh Wanita Hamil Disebut Seperti Atlet Olahraga Ekstrem

Firdaus Anwar - detikHealth
Wanita hamil disebut studi punya daya tahan tubuh seperti atlet olahraga ekstrem. Foto: iStock Wanita hamil disebut studi punya daya tahan tubuh seperti atlet olahraga ekstrem. Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang memiliki tubuh paling berdaya tahan tinggi di dunia ini? Menurut studi terbaru jawabannya bisa ada dua kelompok yaitu para atlet olahraga ekstrem dan wanita hamil.

Para peneliti dalam laporan di jurnal Science Advances melihat seberapa besar seseorang bisa membakar kalori. Rata-rata para peneliti menganggap manusia pada puncak performanya akan membakar sampai sekitar 4.000 kalori.


Herman Pontzer dari Duke University yang terlibat dalam studi mengatakan kemampuan membakar kalori tersebut dicapai oleh atlet olahraga ekstrem seperti misalnya atlet triathlon. Para atlet dapat membakar kalori dalam berkompetisi beberapa hari lebih besar dari apa yang bisa diganti oleh tubuh.

Begitu juga dengan ibu hamil, kalori yang dibakar selama sembilan bulan mengandung hampir sama seperti atlet triatlon mendorong ketahanan tubuh hingga batasnya.

Bahkan pada orang-orang yang berolahraga lain dengan intens, tubuh mereka jarang mencapai batas performa tersebut.

"Kamu bisa melakukan pekerjaan yang sangat intens selama sehari atau lebih," kata Herman mengibaratkan bila orang-orang memaksa performa tubuhnya seperti dikutip dari CNN, Senin (10/6/2019).

(fds/wdw)