Senin, 10 Jun 2019 16:08 WIB

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Fithria Pratiwi - detikHealth
10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Istock) 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh. (Foto: Istock)
Jakarta - Ada beberapa manfaat jeruk nipis yang dapat kamu coba. Buah yang mengandung vitamin C ini berukuran kecil dan berwarna hijau.

Kita biasa melihat buah ini di dapur karena digunakan oleh ibu-ibu sebagai penambah rasa asam pada masakan dan menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan.

Selain digunakan untuk bahan makanan, apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh? Mari kita bahas manfaatnya.

1. Meremajakan Kulit

Jeruk nipis bisa diandalkan untuk kecantikan kulit. Jeruk Nipis digunakan untuk meremajakan kulit, sehingga membuat kita terlihat lebih muda.
Kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis dapat memperkuat kolagen. Mengonsumsi perasan jeruk nipis bisa membuat kulit terhidrasi dan meremajakannya.

2. Mencerahkan Wajah

Kulit juga terasa lebih cerah karena mampu mengangkat kulit mati. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis pada wajah dengan cara mengoleskan perasan jeruk nipis pada wajah, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Jeruk nipis mengandung antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang membuat jerawat. Selain untuk jerawat, jeruk nipis juga bisa untuk menghilangkan flek pada wajah. Kamu bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

4. Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga bagus untuk mencegah kerontokan rambut. Caranya, potong jeruk nipis menjadi 3 bagian, kemudian oleskan pada kulit kepala sampai merata. Biarkan rambut tersebut semalaman dengan membungkus kepala menggunakan handuk. Lakukan cara tersebut 3 kali seminggu.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi kamu yang ingin diet, bisa mencoba mengkonsumsi perasan air jeruk nipis. Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini dapat membakar kalori dan menyimpan sedikit lemak. Selain itu, kandungan vitamin C juga berperan untuk pembakaran lemak dalam tubuh. Seimbangi dengan aktivitas fisik agar dapat membakar kalori lebih banyak.

6. Memperlancar Pencernaan

Kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Sifat asam pada jeruk nipis dapat menyembuhkan sembelit, karena merangsang pergerakan usus. Mengonsumsi air perasan jeruk nipis juga dapat memperlancar BAB (buang air besar).

7. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C baik dikonsumsi untuk menjaga imunitas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis dipercaya dapat menjaga agar tubuh tetap bugar, serta jauh dari virus dan bakteri.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium dan kalium dalam jeruk nipis mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Caranya kamu dapat mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari.

9. Menyembuhkan Amandel

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi amandel. Caranya, potong 3 buah jeruk nipis, kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 3/4, saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur. Kamu dapat melakukannya 3-4 kali sehari.


10. Menyembuhkan Batuk

Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan zat herbal yang alami. Batuk juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi air jeruk nipis. Cara konsumsinya, campur air perasan jeruk nipis dengan gula batu, aduk hingga merata. Minumlah satu kali sehari sampai batuk sembuh.

Itulah 10 manfaat jeruk nipis yang dapat kamu coba. Hal diatas tidak terlalu disarankan bagi penderita mag kronis. Karena terdapatnya kandungan asam sitrat yang tinggi pada jeruk nipis.


Simak Juga "Tips Atasi Bau Badan dengan Jeruk Nipis":

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/up)