Senin, 10 Jun 2019 16:18 WIB

Jangan Salah! Pria juga Bisa Alami 'PMS' Seperti Wanita

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pria juga bisa alami PMS seperti wanita. Foto: thinkstock Pria juga bisa alami 'PMS' seperti wanita. Foto: thinkstock
Jakarta - Kata siapa hanya wanita yang hanya merasakan PMS atau premenstrual syndrome. Nyatanya, pria juga bisa mengalami 'PMS' yang disebutnya IMS atau Irritable Male Syndrome.

Berdasarkan According to NCBI (National Center for Biotechnology Information), IMS didefinisikan sebagai keadaan hipersensitivitas, frustrasi, kecemasan, dan kemarahan yang terjadi pada pria dan dikaitkan dengan perubahan biokimiawi, fluktuasi hormon, stres, dan hilangnya identitas pria.

Dikutip dari Times of India, istilah IMS diciptakan oleh psikoterapis Jed Diamond. Sindrom ini meliputi keadaan perilaku gugup, mudah marah, lesu dan depresi.



Sama halnya seperti PMS pada wanita, IMS pada pria juga terjadi dalam waktu tertentu dalam sebulan. IMS terjadi karena adanya fluktuasi kadar testosteron yang diikuti kenaikan dalam tingkat stres.

Kadar testosteron pada pria menurun seiring bertambahnya usia. Sehingga tidak jarang orang dengan usia bertambah mudah mengalami kemurungan dan perubahan suasana hati secara mendadak dan meledak-ledak.

Menurut Diamond, pada pria yang percaya dirinya mengalami gejala seperti pramenstruasi ini, dalam satu bulan bisa mengeluarkan ekstra biaya sekitar Rp 1,6 juta untuk memenuhi keinginan makannya.

"Sering diasumsikan bahwa pria lebih didominasi oleh logika. Meski kenyataannya, pria juga memiliki sejumlah siklus hormonal layaknya pada wanita sehingga tiap bulan perubahan hormonal itu memengaruhi tingkat energi, kemarahan, gairah seks, dan perubahan suasana hati pada pria," katanya seperti dikutip dari Telegraph.



Simak Juga "Makanan Pereda Nyeri Saat PMS":

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/fds)
News Feed