Selasa, 11 Jun 2019 08:35 WIB

5 Alasan Tak Boleh Melewatkan Sarapan Pagi Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada banyak alasan yang membuatmu tak boleh melewatkan sarapan pagi ini. (Foto: iStock) Ada banyak alasan yang membuatmu tak boleh melewatkan sarapan pagi ini. (Foto: iStock)
Jakarta - Banyak orang yang seringkali melewatkan sarapan. Padahal, sarapan adalah salah satu cara agar tubuh tetap fit selama menjalani hari.

Makan di pagi hari biasanya diawali dengan kebiasaan seseorang. Beberapa mengaku tidak sarapan karena takut mulas ketika di kantor atau di perjalanan.

Sarapan pagi tentu tak melulu harus makan makanan yang berat juga tak perlu waktu yang lama dalam mempersiapkannya. Kamu bisa sarapan dengan buah-buahan segar, bubur, roti, atau telur rebus dengan salad.

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari sarapan. Berikut alasan tak boleh melewatkannya pagi ini dikutip detikHealth dari berbagai sumber:



1. Sarapan bisa menyeimbangkan gula darah

Makan di pagi hari membantu tubuh memecah glukosa dengan lebih baik. Faktanya, kamu bisa menghindari fluktuasi glukosa sepanjang hari dengan makan buah-buahan atau makanan yang berprotein tinggi dalam waktu dua jam setelah bangun tidur.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Sarapan menjadikan metabolisme dalam tubuh bekerja lebih awal dalam membantu membakar kalori sepanjang hari. Melewatkan sarapan bahkan membuat tubuh menghemat pembakaran yang membuat tubuh cenderung memiliki kalori yang menumpuk.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Orang yang melewatkan sarapan cenderung menambah berat badan ekstra. Pertambahan berat badan berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung.



Tentu saja, apa yang kamu makan sama pentingnya. Pastikan utnyuk mengonsumsi buah-buahan, makanan yang seimbang, sayuran hijau dan makanan yang mengandung serat tinggi.

4. Membantu fungsi otak

Sarapan di pagi hari benar-benar akan membantu kesehatan otak. Kadar glukosa yang stabil dapat membantu kemampuan otak untuk fokus, berpikir cerdas dan memproses informasi dengan baik.

5. Meningkatkan energi

Sarapan memberi energi pada tubuh. Orang-orang yang makan sarapan menunjukkan peningkatan aktivitas fisik sepanjang pagi mereka daripada mereka yang melewatkannya. Aktivitas ini dapat membantu mencegah kenaikan berat badan dan kelelahan.

(kna/fds)