Selasa, 11 Jun 2019 11:50 WIB

3 Kondisi yang Akan Kamu Alami Jika Sering Menunda Makan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada risiko kesehatan jika sering menunda makan. ()oto: Istimewa Ada risiko kesehatan jika sering menunda makan. ()oto: Istimewa
Jakarta - Selama puasa, kita cenderung memiliki jadwal yang rutin khususnya mengenai jam makan. Tapi setelah berlebaran nampaknya ritme atau pola makan biasanya kembali kacau.

Biasanya setelah puasa, orang cenderung telat makan pagi dan siang karena masih terbawa dari kebiasaan berpuasa. Padahal ada kondisi kesehatan yang bisa kamu alami jika sering menunda makan.

Berikut diantaranya dikutip detikHealth dari Prevention.


1. Cepat merasa lelah

Ini disebabkan oleh penurunan glukosa dalam darah. Ketika tidak memberi makan pada otak, hal tersebut menjadi sinyal kepada tubuh bahwa aktivitas telah berhenti.

Ketika sering melewatkan makan sesuai jadwal yang ditentukan, tubuh akan cenderung merasa lemas karena tidak adanya energi yang diserap. Ini mengakibatkan daya ingat menurun dan sering tidak fokus dalam pekerjaan.

2. Merusak mood

Ketika sering menunda makan secara konsisten, kadar gula darah akan turun drastis yang mempengaruhi disposisi atau keseimbangan. Glukosa adalah bahan bakar nomor satu untuk otak sehingga ketika kita tidak memilikinya, hal tersebut akan membuat suasana hati menjadi sangat buruk.

3. Makan berlebihan

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2018 dari International Journal of Obesity menemukan bahwa stres dapat menambah tingkat kelaparan, yang pada gilirannya mampu menyebabkan makan berlebihan.

Rasa lapar yang tinggi karena menunda makan akan memicu kita untuk makan lebih banyak dari porsi yang seharusnya. Selain itu tubuh akan cenderung mencari makanan manis yang ketika berlebihan akan berpengaruh pada kadar lemak dalam tubuh.



Membentuk Pola Makan yang Baik Sejak Dini:

[Gambas:Video 20detik]

(kna/fds)
News Feed