Selasa, 11 Jun 2019 16:22 WIB

Ketika Mobil Tua Dimodifikasi Jadi Sauna Berjalan yang Menyehatkan

Firdaus Anwar - detikHealth
Mau coba sauna di dalam mobil ini? (Foto: BBC) Mau coba sauna di dalam mobil ini? (Foto: BBC)
Jakarta - Mandi uap atau sauna adalah kebiasaan di mana seseorang dengan sengaja menguapkan air di ruang tertutup untuk meningkatkan suhu sekitar dan memicu keringat. Kebiasaan sauna telah diteliti bermanfaat untuk kesehatan bisa mengurangi risiko darah tinggi (hipertensi), nyeri, hingga membuat rileks.

Namun sayangnya sauna butuh peralatan khusus sehingga tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Terkait hal tersebut sekelompok orang di Estonia punya ide untuk membuat sauna 'berjalan' dengan memanfaatkan mobil tua.


Willem Maesalu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 3,2 juta untuk membuat mobil Audi 100 Avant dari tahun 1984 menjadi sauna fungsional lengkap dengan panel kayu, sistem suara, dan pencahayaan LED.

Dari luar, mobil berwarna kuning tersebut tampak biasa kecuali bagian kap mesinnya yang memiliki cerobong menonjol.

Kursi diganti dengan panel kayu.Kursi diganti dengan panel kayu. Foto: BBC


Blogger penikmat sauna Adam Rang mendeskripsikan mandi uap di dalam mobil tersebut sebagai pengalaman yang menyenangkan. Bagian dalamnya cukup luas untuk menampung hingga lima orang.

"Ketika pertama kali melihatnya saya pikir itu hanya becanda saja, saya terkejut ternyata bisa memberikan pengalaman sauna yang hebat juga," kata Adam seperti dikutip dari BBC, Selasa (11/6/2019).

(fds/wdw)