Selasa, 11 Jun 2019 21:10 WIB

Foto Burung Ini Viral, Kenapa Bikin Banyak Netizen Kesal?

Firdaus Anwar - detikHealth
Apa perasaan kamu melihat foto tersebut? (Foto: Tangkapan layar Twitter) Apa perasaan kamu melihat foto tersebut? (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta - Foto seekor burung pelatuk viral di Twitter menuai banyak reaksi dari netizen yang kebanyakan merasa kesal atau jijik. Di dalam foto tampak sang burung berusaha menyimpan biji di dalam lubang yang ia buat di batang pohon.

"Ya Tuhan saya sangat benci foto ini," komentar seorang pengguna Twitter.

Kenapa banyak netizen yang tidak menyukai foto tersebut? Jawabannya bisa karena pola lubang yang ada memicu kondisi bernama trypophobia.


Bagi orang dengan trypophobia gambar yang tampak biasa sekalipun dapat memicu emosi negatif kuat. Trypophobia dikarakteristikan sebagai ketakutan atau keengganan melihat deretan formasi lubang atau benjolan dengan pola tertentu.

Mengapa ada orang memiliki kondisi trypophobia disebut oleh psikolog Arnold Wilkins dari University of Essex tidak diketahui pasti. Namun menurut Arnold kemungkinan trypophobia sudah ada sejak jaman dulu bahkan sebelum ada internet.

"Kita tahu bahwa kondisi ini sudah ada sebelum internet, meskipun mungkin sekarang tampak semakin buruk karena internet," ungkap Arnold seperti dikutip dari Live Science, Selasa (11/6/2019).

Studi yang dipublikasi di jurnal Cognition and Emotion 2018 memiliki teori kemungkinan trypophobia adalah perilaku manusia hasil evolusi untuk menghindari penyakit.

"Sudah diketahui secara luas bahwa rasa jijik membantu kita untuk menghindari penyakit dan patogen menular. Respons yang kita miliki terhadap gambar-gambar berlubang ini sepertinya merupakan respons alami kita untuk menghindari penyakit," kata salah satu peneliti, Tom Kupfer.

(fds/kna)
News Feed