Rabu, 12 Jun 2019 10:26 WIB

Ingat! 6 Tanda Kamu Harus Pakai Kacamata

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kebanyakan orang mengira bahwa kondisi matanya sehat-sehat saja. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Kebanyakan orang mengira bahwa kondisi matanya sehat-sehat saja. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Mata merupakan indera yang sangat penting bagi manusia. Tak sedikit orang yang mengalami masalah penglihatan dan mengharuskannya menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat.

Tapi terkadang orang-orang kerap meremehkan hal satu ini. Orang-orang mengira bahwa matanya masih sehat dan tidak memerlukan alat bantu, tapi nyatanya menunjukkan gejala-gejala yang mengharuskannya memakai kacamata.

Nah, gejala-gejala ini lah yang sering diabaikan. Berikut gejala seseorang harus menggunakan kacamata dikutip dari Times of India.



1. Sering menyipitkan mata

Jika kamu menyipitkan mata setiap kali melihat sesuatu dengan fokus, itu bisa jadi sinyal bahwa matamu berusaha menyesuaikan diri untuk penglihatan yang lebih baik. Tapi jika itu dilakukan terlalu sering dan bahkan saat sedang tidak memfokuskan penglihatan ke suatu objek, mungkin kamu mencoba mengimbangi penglihatan yang lebih buruk.

2. Sakit kepala

Saat kamu menegangkan otot-otot mata, saat itu lah sakit kepala muncul. Ini terjadi karena mekanisme yang membantu kornea dan lensa fokus pada suatu objek tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akhirnya kamu sering menyipitkan mata dan terserang sakit kepala. Saat gejala ini terjadi, kamu bisa memeriksakan matamu.



3. Penglihatan blur

Jika kamu kesulitan melihat suatu objek atau objek itu terlihat blur dalam jarak 1-1,5 meter, maka kamu tidak boleh mengabaikannya. Kamu harus memeriksakan apa yang tengah terjadi pada matamu, mungkin memang saatnya menggunakan kacamata.

4. Sulit melihat di malam hari

Ada yang bilang berkendara di malam hari lebih sulit dibandingkan pada siang hari, sudah tentu karena pencahayaan pada malam hari kurang. Tapi jika kamu merasa kesulitan bukan hanya berkendara melainkan untuk melihat di malam hari, mungkin itu merupakan tanda awal dari adanya masalah mata.

5. Mata lelah

Saat membaca buku atau melihat ke layar komputer terlalu lama, maka mata akan terasa lelah. Tetapi kalau tanpa melakukan hal itu kamu sering merasa mata kelelahan, tandanya kamu harus lebih waspada.

6. Sering mengucek-ngucek mata

Kamu sering mengucek-ngucek mata untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas? Jika jawabannya ya, mungkin kamu tengah berjuang menghadapi kelelahan mata dan penglihatan yang buruk. Sebaiknya kamu memeriksakannya ke dokter mata.

(wdw/kna)
News Feed