Rabu, 12 Jun 2019 11:20 WIB

Eks KSAD George Toisutta Meninggal Karena Kanker Usus, Ini Faktor Risikonya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Prabowo saat menjenguk mendiang George Toisutta. (Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga) Prabowo saat menjenguk mendiang George Toisutta. (Foto: Dok. BPN Prabowo-Sandiaga)
Jakarta - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jend (Purn) George Toisutta meninggal akibat kanker usus pada Rabu (12/6/2019). Georgio meninggal dunia di usia 66 tahun.

Dokter ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan ada 2 faktor risiko terbesar pada kanker usus. Faktor ini ditemukan juga pada kebanyakan kanker lainnya.

"Faktor risiko terjadinya kanker usus adalah gaya hidup dan genetik. Namun gaya hidup adalah yang utama. Faktor risiko gaya hidup yang telah teridentifikasi dan konsisten adalah pola makan tinggi daging merah, olahan, kurang sayur, dan minim buah," kata Prof Ari dalam pesan pendek yang diterima detikHealth.



Pola hidup tidak sehat inilah yang menyebabkan kanker usus bertahan sebagai penyebab kematian utama. Angka kejadian terus meningkat seiring makin mudanya usia pasien kanker usus. Faktor risiko makin berat dengan masih tingginya kebiasaan merokok di Indonesia.

Menghadapi kanker usus, Prof Ari mengingatkan pentingnya penerapan diet sehat setiap hari. Pola makan berimbang dengan cukup konsumsi buah, sayur, dan daging merah sangat penting untuk mengontrol berat badan serta menurunkan risiko kanker usus.

Selain menerapkan diet sehat, Prof Ari juga menyarankan segera berhenti merokok. Kebiasaan ini tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, namun juga pasif yang berada di sekitarnya. Dalam beberapa kasus, kanker usus justru ditemukan pada perokok pasif.



Kabar duka ini disampaikan langsung oleh mantan Panglima TNI Jend (Purn) Gatot Nurmantyo lewat akun Twitternya di @Nurmantyo_Gatot. Ia mengatakan George adalah sosok senior serta guru yang baik.

"Beliau adalah atasan, senior, guru & pelatih saya. Smoga almarhum husnul khotimah & dberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT. Amin," tulis Gatot dikutip dari detikcom.


Simak Juga 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/wdw)
News Feed