Rabu, 12 Jun 2019 18:10 WIB

Roro Fitria Takut Kembali Kecanduan, Berapa Lama Bisa Lepas dari Narkoba?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pengacara Roro Fitria mengatakan kliennya takut terjerat sabu lagi. Foto: Roro Fitria / Desi P. Pengacara Roro Fitria mengatakan kliennya takut terjerat sabu lagi. Foto: Roro Fitria / Desi P.
Jakarta - Roro Fitria mengaku takut bebas dari penjara karena tak ingin kembali terjerat candu narkoba jenis sabu. Sebelumnya, Roro Fitria telah divonis empat tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia terbukti melanggar Pasal 112 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Menurut penjelasan dr Hari Nugroho peneliti dari Institute of Mental Health Addiction and Neurosience (IMAN) untuk lepas dari kecanduan tentunya membutuhkan waktu. Ini pun tergantung dari berbagai faktor baik internal maupun eksternal.

"Masing-masing orang tentu berbeda (waktu untuk lepas dari kecanduan --red), ini yang diajarkan di terapi pencegahan kekambuhan. Mengidentifikasi pencetus, membangun strategi utk memutus siklus pencetus tadi dan menggantinya dengan perilaku yang sehat," jelasnya.


Salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk bisa tetap bisa lepas dari bayang candu narkotika adalah dengan berolahraga. Sebab, olahraga merangsang sistem dopamin dan endorfin, hormon yang bikin seseorang jadi bahagia.

"Jadi kita merasa senang puas. Intinya kegiatan positif sih."

Kalau nge-vlog juga jadi YouTuber boleh nih, dok?

"Boleh, nggak masalah. Asal isinya positif. Dan ketika misalnya mendapat bully soal kontennya copingnya nggak make narkoba," tegasnya.

(ask/fds)