Kamis, 13 Jun 2019 09:04 WIB

9 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan/Foto: Getty Images 9 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan/Foto: Getty Images
Jakarta - Manfaat buah bit banyak yang dipercaya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Buah bit berwarna merah keunguan yang kuat. Cara memakan buah bit ini bisa dimakan mentah, direbus, dan juga dipanggang dengan pengolahan masing-masing.

Di Eropa Timur, buah bit dibuat untuk sup yang menjadi sajian populer. Selain untuk dimakan, buah bit ini juga digunakan untuk pewarna makanan serta pengobatan. Mengonsumsi buah bit terdapat juga beberapa manfaat, apa saja itu?



Buah bit mengandung nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti karbohidrat, protein, dan serat. Selain itu juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi. Buah bit mengandung rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan antioksidan. Dengan kandungan yang terdapat dalam buah bit, berikut manfaat buah bit bagi kesehatan:

1. Dapat Mencegah Kanker

Kandungan buah bit dipercaya dapat melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker. Buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

2. Menurunkan Berat Badan

Terlihat cantik didambakan oleh setiap wanita. Tubuh yang ideal merupakan kecantikan yang selalu banyak wanita-wanita inginkan. Buah bit pun bisa menjaga berat badanmu karena memperlancar proses detoksifikasi khususnya lemak dalam tubuh. Cara konsumsinya bisa dengan membuat jus buah bit segar.

3. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Kandungan folat pada buat bit sangat baik untuk janin. Folat bermanfaat untuk risiko bayi lahir cacat dan prematur. Dalam anjurannya, mengkonsumsi buah bit tidak boleh terlalu banyak.



4. Meningkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Folat yang baik untuk janin juga bermanfaat untuk otak bayi. Dengan mengonsumsi buah bit dapat membantu kecerdasan otak bayi. Oleh kerena itu, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kandungan folat yang cukup.

5. Meningkatkan Kesuburan

Buah bit beperan dalam menjaga sirkulasi darah yang bermanfaat untuk kesuburan wanita. Mengonsumsinya bisa dengan cara membuat jus segar dan dalam 12 hari konon katanya telah dapat dirasakan khasiatnya.

6. Baik untuk Ginjal dan Hati

Hati dan ginjal bekerja untuk mengeluarkan racun secara alami. Untuk mendorong tubuh mengeluarkan racun, buah bit mampu membantu membersihkan ginjal dan hati dari racun yang tertimbun.

7. Mencegah Anemia

Buah bit mampu membantu regenerasi sel darah merah karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Vitamin C yang terkandung juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga dapat mencegah anemia.

8. Mengatasi Ketombe

Manfaat buah bit untuk kecantikan lainnya adalah untuk menghilangkan ketombe. Caranya, rebus buah bit dengan air, kemudian oleskan dan pijat lembut ke kulit kepala.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah bit memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Serat bisa membantu melunakkan tinja, sehingga membuat buang air besar (BAB) nyaman dan lancar.

Manfaat buah bit (https://www.detik.com/tag/buah-bit) memang banyak untuk kesehatan tubuh. Hingga saat ini manfaat buah bit masih membutuhkan pembuktian lebih lanjut. Terlalu banyak mengonsumsinya membuat menurunnya kadar kalsium dan merusak ginjal.


Tag:
manfaat buah bit untuk kanker
manfaat buah bit untuk kecantikan
buah bit untuk ibu hamil
manfaat buah bit untuk kesuburan
buah bit untuk bayi (nwy/up)