Kamis, 13 Jun 2019 14:23 WIB

Aktor Robby Sugara Sesak Napas Sebelum Meninggal, Ini Penjelasan Dokter

Rosmha Widiyani - detikHealth
Robby Sugara dalam film Jangan Sendirian. (Foto: Dok. Ist) Robby Sugara dalam film 'Jangan Sendirian'. (Foto: Dok. Ist)
Jakarta - Aktor Robby Sugara sempat mengalami sesak napas sebelum meninggal pada Kamis (13/6/2019). Dikutip dari detikcom, almarhum sebelumnya terlihat baik-baik dan beraktivitas seperti biasa.

"Malamnya sempat sesak napas. Waktu ketemu enam bulan lalu kami reuni itu waduh dia masih sehat banget itu. Meski rambutnya putih, nggak memutih semua hanya masih fit badannya. Waktu itu dia masih nyanyi berapa lagu," kenang wartawan senior Ilham Bintang.



Menurut dokter ahli jantung dan pembuluh darah dr Vito Damay, SpJP(K), sesak napas umum terjadi pada serangan jantung dan gagal jantung. Semakin berat sesak napas pada penderita gangguan jantung, maka makin berat juga serangan dan gagal jantung yang mungkin diderita.

"Sesak napas yang berasal dari gangguan jantung terjadi mendadak disertai keringan dingin, dengan atau tanpa keluhan sakit dada sebelumnya. Keluhan ini bisa terjadi pada orang dengan riwayat jantung, atau yang tidak pernah periksa kesehatan sehingga tidak tahu penyakit yang dialami," kata dr Vito pada detikHealth.

Meski begitu, tidak semua sesak napas mengindikasikan adanya gangguan jantung. Sesak napas juga bisa terjadi pada pasien dengan gangguan pernapasan atau penyakit lain.

Untuk membedakan dan mendapat pertolongan yang tepat, masyarakat sebaiknya segera ke dokter bila mengalami keluhan sesak napas serta teratur memeriksakan diri untuk menekan risiko yang berbahaya.

(fds/fds)