Jumat, 14 Jun 2019 13:36 WIB

Hidung Tersumbat yang Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Hidung

Firdaus Anwar - detikHealth
Hidung tersumbat yang tak kunjung reda disertai nyeri bisa jadi tanda kanker hidung. (Foto: iStock) Hidung tersumbat yang tak kunjung reda disertai nyeri bisa jadi tanda kanker hidung. (Foto: iStock)
Jakarta - Pebulutangkis legendaris Malaysia, Lee Chong Wei, memutuskan untuk pensiun karena harus menjalani pengobatan intensif. Pria berusia 36 tahun tersebut sudah sejak tahun 2018 didiagnosis mengidap penyakit kanker hidung.

"Ini adalah keputusan yang sangat berat karena saya sangat mencintai olahraga ini," kata Lee seperti dikutip dari BBC, Jumat (14/6/2019).


Kanker hidung sendiri menurut American Cancer Society (ACS) adalah kanker yang terjadi di sel-sel mukosa hidung mulai dari sinus hingga rongga hidung. Salah satu gejala awalnya adalah hidung tersumbat yang tak kunjung membaik malah makin parah.

Biasanya sumbatan terjadi pada satu sisi hidung saja disertai rasa nyeri atau kebas.

"Banyak gejala kanker rongga hidung dan sinus ini bisa disebabkan juga oleh kondisi lain yang tidak terlalu berbahaya seperti infeksi. Karena itu sebagian besar kasus jarang cepat ditemukan sampai kanker cukup besar untuk menyumbat saluran napas, sinus, atau sampai menyebar ke bagian tubuh lain," tulis ACS.

"Mungkin memang sebagian besar gejala ditimbulkan oleh masalah yang tidak terlalu serius. Namun tetap penting agar kamu menemui dokter sehingga penyebab gejala bisa cepat ditemukan dan diobati," lanjutnya.



Hidung Tersumbat yang Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Kanker Hidung
(fds/wdw)