Sabtu, 15 Jun 2019 08:15 WIB

Kebanyakan Minum Bubble Tea Bisa Picu Penuaan Dini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Gula yang berlebih pada bubble tea bisa memicu kerusakan kolagen. (Foto: iStock) Gula yang berlebih pada bubble tea bisa memicu kerusakan kolagen. (Foto: iStock)
Jakarta - Siapa yang suka minum bubble tea? Seberapa sering kamu mengonsumsi bubble tea dalam seminggu? Ternyata menurut ahli gizi, kebanyakan minum bubble tea bisa memicu penuaan dini lho.

Ahli gizi dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes menyebutkan bahwa kandungan gula yang ada di bubble tea lah yang menyebabkan kerusakan kolagen, protein yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk menjaga struktur dan elastisitas kulit.

"Gula itu bisa membuat penuaan dini. Gula di tubuh kan glukosa yang bisa mengikat protein. Terlalu banyak gula membuat kolagen rusak," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (14/6/2019).


"Sedangkan struktur tubuh kita bahan dasarnya kolagen, seperti tulang, kulit, otot. Kalau kolagen banyak yang rusak, berarti semua itu juga bisa rusak. Bisa menyebabkan penuaan dini kan," lanjutnya.

Rita menyebutkan bahwa dalam satu gelas bubble tea berukuran 330 cc mengandung kurang lebih 50 gram gula. Kebanyakan mengonsumsi gula juga bisa memicu meningkatkan kadar gula darah yang berujung pada diabetes.

"Jangan berpikir gula itu manis maka bisa menghasilkan energi yang tinggi. Tapi pikirkan juga imunitas yang menurun karena gula," tutur Rita.

(wdw/fds)
News Feed