Sabtu, 15 Jun 2019 16:25 WIB

Luar Biasa, Wanita Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Usai Melahirkan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi melahirkan. Foto: Thinkstock Ilustrasi melahirkan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang wanita asal Ethiopia sadar betul pentingnya pendidikan bagi diri dan keluarga. Almaz Derese menjalankan ujian sekolah untuk tingkatan secondary school atau setara sekolah menengah 30 menit usai melahirkan.

"Meski pun sangat berat ujian setelah melahirkan, tapi saya tak ingin membuang peluang yang ada. Saya perlu waktu hampir 10 tahun demi memperoleh dan menyelesaikan pendidikan," kata wanita berusia 21 tahun ini dikutip dari CNN.

Derese mengatakan, dia tak ingin menghabiskan waktu lebih lama untuk ujian. Dia melahirkan seorang anak laki-laki pada Minggu (9/6/2019) malam waktu setempat, sebelum bersiap menempuh ujian.


Niat Derese didukung dinas pendidikan setempat dengan menempatkan seorang pengawas selama ujian. Pengawas bertugas di rumah sakit tempat Derese menyelesaikan ujian matematika, Bahasa Inggris, dan Amharic yang merupakan bahasa nasional Ethiopia.

"Sebelumnya, suami Derese mengatakan pada kami jika istrinya tidak bisa duduk di ruang kelas. Kami juga bertanya langsung pada Derese terkait kemamuannya ujian. Derese bilang dia sanggup ujian," kata Kepala Dinas Pendidikan setempat Kebede Negesu.

Derese menyelesaikan ujian lainnya pada Kamis (13/6/2019) setelah kondisinya membaik. Seperti kebanyakan warga lain, Derese yang tinggal di Distrik Aba Bora mengalami keterbatasan ekonomi. Derese menikah pada usia 17 tahun meski belum menyelesaikan pendidikan formal.


Dengan segala keterbatasannya, suami Derese sangat mendukung niat istrinya menyelesaikan sekolah. Suami Derese juga tak segan membantu istrinya langsung ujian selepas melahirkan.

Kondisi serupa Derese ternyata bukan hal asing di Ethiopia. Sekitar 11 murid wanita ternyata mengalami nasib serupa Derese, yang melahirkan tepat di hari pelaksanaan ujian nasional. Mereka ikut ujian di hari lain saat kondisinya telah membaik.



Luar Biasa, Wanita Ini Ikut Ujian Sekolah 30 Menit Usai Melahirkan
(ask/ask)