Sabtu, 15 Jun 2019 17:17 WIB

Congrats, Shandy Aulia Hamil! Ini Tanda Masa Subur Wanita Telah Datang

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tanda masa subur pada wanita. Foto: iStock Tanda masa subur pada wanita. Foto: iStock
Jakarta - Setelah penantian panjang selama 7,5 tahun, aktris cantik Shandy Aulia akhirnya membagikan kabar kehamilannya. Ia mengunggah video yang mengisahkan indahnya momen ketika ia memberitahu sang suami mengenai hasil test pack yang memberikan tanda positif.

"Ini merupakan perjalanan panjang bagi kami setelah 7,5 tahun menunggu, namun inilah waktu Tuhan bukan kita. Kami berterima kasih kepada Tuhan atas hadiah yang luar biasa dan memberi kami kepercayaan untuk memiliki tambahan bagi keluarga kecil kami, malaikat kecil kami sendiri," tulis pemeran Tita dalam film Eiffel I'm in Love tersebut.

Shandy Aulia berbagi kabar kehamilannya di medsos.Shandy Aulia berbagi kabar kehamilannya di medsos. Foto: Noel/detikFoto


Sontak, ucapan selamat pun ramai diucapkan untuk Shandy Aulia.

Kehamilan adalah waktu yang dinantikan bagi pasangan suami istri. Nah, ketika merencanakan kehamilan, masa subur atau waktu ovulasi seringkali diperhitungkan sebab meningkatkan kemungkinan pembuahan. Dikutip dari The Bump, biasanya siklus menstruasi wanita berlangsung antara 28 dan 32 hari, dan ovulasi umumnya terjadi antara hari 10 dan 19 dari siklus atau sekitar 12 hingga 16 hari sebelum waktu mens berikutnya.


"Pada wanita sehat, ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi," kata Donnica L. Moore, MD, presiden Sapphire Women's Health Group di Chester, New Jersey.

Jadi jika siklus menstruasimu adalah 35 hari, ovulasi akan terjadi pada hari ke 21 dari siklus. Bila siklus menstruasimu 21 hari, ovulasi akan terjadi pada hari ke tujuh. Namun pahami, waktu ovulasi dapat bervariasi menurut penjelasan Shannon M. Clark, MD, profesor di University of Texas Medical, Galveston, Texas.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukan masa subur wanita telah datang.


1. Perubahan lendir serviks

Ketika kamu mendekati ovulasi, tubuh menghasilkan lebih banyak estrogen, menyebabkan lendir serviks menjadi lebih elastis dan bening, seperti putih telur, yang membantu sperma berenang ke sel telur yang dilepaskan selama ovulasi. Namun, pahami jumlah lendir serviks dan seperti apa rasanya bisa bervariasi dari satu wanita ke wanita lainnya.

2. Lebih sensitif pada bau

Bagi sebagian wanita, indera penciuman yang lebih sensitif belakangan ini bisa menjadi tanda ovulasi. Dalam fase subur ini, tubuh dipersiapkan untuk lebih tertarik pada feromon dan androstenone pria.

3. Sakit pada payudara

Meningkatnya sensitivitas payudara dan puting susu, atau justru merasakan sakit bisa menjadi tanda lain dari ovulasi. Ini dikarenakan aliran hormon pada tubuh sebelum dan setelah ovulasi.

4. Nyeri panggul ringan

Beberapa wanita kadang merasakan sakit ringan atau nyeri di perut bagian bawah, biasanya di satu sisi atau sisi lainnya. Sensasi dapat berlangsung antara beberapa menit hingga beberapa jam. Kamu juga mungkin mengalami pendarahan vagina ringan atau keluar cairan sedikit.

5. Perubahan libido

Beberapa wanita merasa dorongan seks mereka meningkat selama masa ovulasi. Akan tetapi..

"Dorongan seks dapat dipengaruhi oleh apa saja, termasuk apakah kamu habis minum segelas anggur atau hanya lagi mood saja," jelas Moore. (ask/frp)