Sabtu, 15 Jun 2019 18:00 WIB

Pria Juga Punya Masa Subur, Begini Cara Mengetahuinya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Masa subur pria. Foto: ilustrasi/thinkstock Masa subur pria. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Masa subur biasanya lebih umum dibahas dari sisi wanita. Tapi yang namanya kehamilan tidak bisa ditentukan dari satu pihak saja, dengan kata lain baik pria dan juga wanita memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan.

Kalau wanita bisa menghitung masa suburnya, dan banyak juga aplikasi yang menyediakannya, bagaimana sih cara mengetahui masa subur pria?

Dikutip dari The Asian Parent, ada banyak bukti anekdotal bahwa pria lebih subur di pagi hari. Ada penelitian juga yang menunjukkan bahwa jumlah sperma pria sedikit lebih tinggi di pagi hari.


Jadi kapan pria paling subur? Jawabannya... mereka paling subur ketika mereka sehat dan bahagia! Ubah konsep untuk terus-terusan seks di pagi hari (padahal lagi sama-sama nggak bersemangat) karena bisa jadi malah akan membebani kamu juga pasangan. Nah, tiga hal ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan sperma yang sehat.

Lakukan hubungan secara teratur

Penelitian telah menunjukkan absen seks lebih dari 18 jam tidak meningkatkan potensi sperma. Kuncinya adalah dengan menikmati masa-masa bercinta dengan pasangan agar kamu bahagia dan produksi sperma juga lebih sehat.

Pola makan sehat

Merokok, alkohol, dan makanan dengan kadar gula atau garam yang tinggi akan mempengaruhi sperma secara negatif. Makan makanan sehat selama sebulan sebelum merencanakan kehamilan bisa kamu terapkan untuk membiasakan diri. Jangan lupa untuk olahraga.

Jangan pakai celana terlalu ketat

Penelitian yang dilakukan para ahli dari University of Manchester, University of Sheffield dan University of Alberta di Kanada membuktikan celana dalam yang terlalu ketat bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan sperma. Mulai sekarang, pakai celana yang lebih longgar saja, ya.

(ask/frp)